Share

Bacaan Niat dan Doa Buka Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Artinya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 24 November 2022 03:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 618 2713237 bacaan-niat-dan-doa-buka-puasa-senin-kamis-lengkap-dengan-artinya-KYaamvMlPz.jpg Ilustrasi bacaan niat dan doa buka puasa Senin Kamis lengkap dengan artinya. (Foto: Shutterstock)

BACAAN niat dan doa buka puasa Senin Kamis lengkap dengan artinya sangat penting diketahui. Niat merupakan hal dasar sebelum melaksanakan sebuah amal ibadah. Tanpa niat yang jelas dan kuat bisa menyebabkan hal-hal yang dilakukan menjadi kurang berarti. Ini pula yang bisa terjadi ketika melaksanakan ibadah sunnah puasa Senin Kamis.

Niat puasa Senin Kamis yang dimaksudkan adalah berkeinginan kuat menjalankan ibadah puasa. Niat puasa Senin Kamis pada dasarnya sama dengan puasa lainnya, baik wajib maupun sunnah.

BACA JUGA:Pangeran MBS Sujud Syukur Usai Arab Saudi Kalahkan Argentina di Piala Dunia 2022 

Niat Puasa Senin Kamis 

Dikutip dari Muslim.or.id, niat puasa Senin Kamis cukup di dalam hati, sebab niat itu memang letaknya di hati. Jadi jika di hati sudah berkehendak ingin menjalankan puasa keesokan harinya, maka sudah disebut berniat.

Hal ini sebagaimana dijelaskan Muhammad Al Hishni. Ia mengatakan:

لا يصح الصوم إلا بالنية للخبر، ومحلها القلب، ولا يشترط النطق بها بلا خلاف

Artinya: "Puasa tidaklah sah kecuali dengan niat karena ada hadis yang mengharuskan hal ini. Letak niat adalah di dalam hati dan tidak disyaratkan dilafazkan." (Lihat kitab Kifayatul Akhyar halaman 248)

Kemudian Muhammad Al Khotib juga menerangkan hal yang sama. Beliau berkata:

إنما الأعمال بالنيات ومحلها القلب ولا تكفي باللسان قطعا ولا يشترط التلفظ بها قطعا كما قاله في الروضة

Artinya: "Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niat. Namun niat letaknya di hati. Niat tidak cukup di lisan. Bahkan tidak disyaratkan melafazkan niat. Sebagaimana telah ditegaskan dalam Ar Roudhoh." (Al Iqna’, 1: 404)

BACA JUGA:Barakallah! Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13 Jadi Pembuka Piala Dunia 2022 Qatar 

Dalil wajibnya berniat adalah sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

Artinya: "Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya." (Muttafaqun alaih) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa Buka Puasa Senin Kamis

Doa pertama yang dibaca yakni membaca Bismillah yang artinya "Dengan menyebut nama Allah". Doa kedua, seperti tuntunan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Dawud nomor 2357, An-Nasa'i 3315, dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahih Abi Dawud)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini