Share

Bacaan Doa Habis Haid Lengkap Tata Cara Mandi Wajibnya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 618 2722417 bacaan-doa-habis-haid-lengkap-tata-cara-mandi-wajibnya-UqTMj4w0CZ.jpg Ilustrasi bacaan doa habis haid lengkap tata cara mandi wajibnya. (Foto: Pexels)

BACAAN doa habis haid lengkap tata cara mandi wajibnya sangat penting diketahui setiap Muslimah. Sebagaimana diketahui Islam mengajarkan untuk melakukan ibadah seperti sholat hingga tadarus Alquran harus dalam keadaan suci dan terhindar dari hadas besar maupun kecil.

Hadas besar sendiri diakibatkan beberapa kondisi, seperti berhubungan badan suami istri, keluarnya sperma, haid, nifas, atau melahirkan. Kondisi tersebut dapat disucikan kembali dengan mandi wajib yang dilakukan dengan niat dan cara yang benar menurut Islam.

BACA JUGA:Doa Cepat Haid Lengkap Bacaan Arab, Latin, Artinya 

Mandi wajib menurut buku 'Risalah Tuntunan Sholat Lengkap' karya Mohammad Rifa’i adalah membasuh seluruh tubuh mulai puncak kepala hingga ujung kaki.

Ketika haid, wanita akan mengeluarkan darah kotor dari vagina. Masa haid umumnya terjadi dalam waktu 6 hingga 7 hari.

Selama kondisi tersebut, wanita Muslim diharamkan melaksanakan sholat hingga darah benar-benar selesai atau tidak lagi keluar dan melakukan mandi wajib.

Mandi wajib dilakukan berdasarkan perintah dalam Alquran yang terdapat dalam Surat Al Maidah Ayat 6 dan Alquran Surat An-Nisa Ayat 43.

BACA JUGA:Hukum Mewarnai Rambut saat Haid Menurut Islam, Muslimah Wajib Simak 

Adapun isi Surat Al Maidah Ayat 6 adalah sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara Surat An-Nisa Ayat 43 berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسِلُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."

Sama halnya dengan ibadah lainnya, mandi wajib juga memiliki rukun melaksanakan, salah satunya adalah doa atau niat. Lantas, bagaimana doa mandi wajib setelah haid? Simak ulasannya berikut ini.

Doa Mandi Wajib Setelah Haid 

Adapun doa mandi wajib yang perlu diketahui setelah haid, sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ مِنَ الحَيْضِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari fardhan lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah.".

Demikian penjelasan mengenai bacaan doa habis haid lengkap tata cara mandi wajibnya. Semoga jelas dan memberikan manfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini