Share

11 Fadhilah Surat Yasin, Salah Satunya Dapat Pertolongan pada Hari Kiamat

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 08 Februari 2023 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 08 330 2761082 11-fadhilah-surat-yasin-salah-satunya-dapat-pertolongan-pada-hari-kiamat-cyWTFbU9by.jpg Ilustrasi fadhilah Surat Yasin. (Foto: Shutterstock)

BERIKUT 11 fadilah Surat Yasin. Diketahui bahwa Surat Yasin memiliki keutamaan luar biasa. Bagi kaum Muslimin yang senantiasa membacanya tentu akan meraih berkah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Fadhilah sendiri memiliki arti keutamaan atau kelebihan. Supaya umat Islam lebih semangat membaca Surat Yasin, ada baiknya mengetahui 11 fadhilah Surat Yasin berikut ini, sebagaimana telah Okezone himpun.

BACA JUGA:Surat Yasin Ayat 1-83 Teks Arab, Latin, Artinya, Lengkap di Alquran Digital Okezone 

1. Jadi pertolongan pada hari kiamat

Fadhilah Surat Yasin begitu dahsyat. Salah satunya adalah mendapat pertolongan bagi siapa saja yang membaca Alquran, termasuk Surat Yasin.

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, "Bacalah Alquran karena pada hari kiamat, ia akan datang sebagai syafaat untuk para pembacanya." (HR Muslim nomor 804) 

 

2. Menghadapi sakaratul maut

Surat Yasin dianjurkan untuk dibacakan kepada mereka yang tengah mengalami sakaratul maut. Menurut Ibnu Qayyim, Surat Yasin di dalamnya memiliki kandungan ajaran tauhid serta kabar bahagia mengenai surga bagi ahli tauhid dan kebahagiaan orang yang sudah wafat di atas tauhid lantaran firman-Nya.

3. Rezeki mengalir deras

Sempatkanlah untuk membaca Surat Yasin setiap harinya. Sebab di balik itu ada fadhilah besar yakni Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memperlancar rezeki.

Dalam kitab sunan Ad-Darimi juz 2 halaman 549 dijelaskan, "Barang siapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga."

BACA JUGA:Tafsir Surat Yasin Ayat 1-12 Beserta Keutamaannya yang Luar Biasa 

4. Terhindar dari siksa kubur

Bacakan Surat Yasin setiap kali berziarah. Ini akan membuat seseorang yang telah tiada diringankan dari siksa kubur.

"Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin maka pada hari itu Allah Subhanahu wa Ta'ala meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di perkuburan itu." (Tafsir Nur Ats-Tsagalayn 4/373)

5. Sama dengan khatam Alquran 10 kali

Fadhilah Surat Yasin berikutnya berkenaan dengan pahala. Siapa pun yang membaca Surat Yasin, Imam Ad-Darimi menyebutkan seseorang akan mendapat pahala seperti 10 kali khatam Alquran. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

6. Urusan jadi lancar

Apabila umat Islam membaca Surat Yasin pada pagi hari, dia bakal merasakan fadhilah berupa dipermudahnya segala urusan. Begitu pula ketika membaca Surat Yasin pada malam hari, pekerjaan esok hari akan diberi kelancaran oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

7. Hidup lebih berkah

Rutinlah membaca Surat Yasin secara penuh. Pasalanya, salah satu fadhilah Surat Yasin adalah membuat hidup menjadi lebih berkah.

Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa mempermudah dan mengabulkan hajat hamba-Nya yang membaca Alquran, termasuk Surat Yasin.

8. Dianggap mati syahid

Disebutkan bahwa barang siapa yang membiasakan diri membaca Surat Yasin setiap malam, maka ketika tanpa terduga dia menemui ajal, matinya dalam keadaan syahid. Adapun mati syahid diartikan sebagai meningal dalam keadaan sedang berada di jalan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

9. Dapat sepuluh keberkahan

Berdasarkan Baghiyyatul Haarits juz 1 hal 52, ketika membaca Surat Yasin akan datang 10 keberkahan. Jika mereka lapar maka akan diberi rezeki sampai kenyang.

Apabila haus diberi minum, jika tak ada baju akan diberikan pakaian, mereka yang belum menikah akan bertemu jodoh, ketakutan bakal sirna, siapa saja yang dipenjara akan keluar, mendapat bantuan perjalanan, barang yang hilang akan kembali, rasa sakit bakal sembuh, dan apabila Yasin dilantunkan kepada mayat maka akan diringankan.

10. Meraih kebahagiaan

Membaca Surat Yasin akan membuat hati lebih tenang. Dengan begitu kebahagiaan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala pun bisa dirasakan betul oleh mereka yang mengamalkannya.

"Orang-orang yang beriman hati mereka akan tenteram dengan mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ingatlah hanya dengan mengingat-Nya maka hati menjadi tenteram." (QS Ar-Ra'd Ayat 28)

11. Menyembuhkan penyakit hati

Jangan bosan membaca Surat Yasin. Apabila seseorang gemar mengamalkan surat tersebut, penyakit hati bakal ikut luntur, seperti dengki, benci, dan iri.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini