Share

Niat Sholat Witir di Bulan Ramadhan 2023 Lengkap Cara hingga Waktu Pelaksanaannya

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 08 Maret 2023 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 08 616 2777632 niat-sholat-witir-di-bulan-ramadhan-2023-lengkap-cara-hingga-waktu-pelaksanaannya-jj3hEaVGau.jpg Ilustrasi sholat witir di bulan Ramadhan 2023. (Foto: Shutterstock)

NIAT sholat witir di bulan Ramadhan 2023 lengkap cara hingga waktu pelaksanaannya. Sholat witir adalah salah satu ibadah sunnah muakkad (sangat dianjurkan) dalam ajaran agama Islam. Sholat sunnah satu ini dilakukan sebagai penutup sholat di malam hari.

Terdapat berbeda pendapat soal status hukum sholat witir. Menurut mayoritas ulama Mazhab Hanafiyah, sholat witir hukumnya wajib, sehingga akan berdosa orang-orang yang tidak mengerjakannya.

Sedangkan menurut mayoritas ulama Mazhab Syafii, hukum sholat witir adalah sunnah. Artinya, bila dilakukan mendapat pahala, jika ditinggalkan tidak berdosa.

Adapun dalil yang dijadikan landasan oleh ulama Mazhab Syafii adalah hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, yaitu:

أَوْتِرُوْا يَا أَهْلَ الْقُرْآنِ، فَإِنَّ اَللّٰهَ وِتْرٌ يُحِبُّ اَلْوِتْرَ

"Berwitirlah kalian semua, wahai ahli Alquran, karena sesungguhnya Allah itu ganjil, dan menyukai hal-hal yang ganjil." (HR Khuzaimah)

BACA JUGA:Apa Boleh Langsung Sholat Witir Setelah Isya? 

Info grafis doa sujud terakhir sholat. (Foto: Okezone)

BACA JUGA:Surat yang Dibaca saat Sholat Witir 3 Rakaat Sesuai Sunnah 

Waktu Pelaksanaan Sholat Witir

Menurut mayoritas ulama, sebagaimana dikutip Syekh Wahbah Zuhaili dalam kitab "Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh", dimulai setelah melaksanakan Sholat Isya sampai terbitnya fajar shadiq, dan bukan setelah masuknya Sholat Isya.

Artinya jika sudah masuk waktu Sholat Isya tetapi seseorang belum melaksanakannya, maka ia tidak dianjurkan melakukan sholat witir, sebab kesunnahan sholat witir dimulai setelah melaksanakan Shalat Isya.

Ketentuan waktu ini sudah final, tanpa diperdebatkan oleh para ulama. Para ulama sepakat bahwa sholat witir tidak bisa dilakukan dan tidak sah sebelum melaksanakan Sholat Isya, atau setelah terbitnya fajar shadiq (masuk waktu Sholat Subuh). 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Tata Cara Sholat Witir 

1. Niat sholat witir 1 atau 3 rakaat. Cukup diungkapkan dalam hati.

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca Surat Al Fatihah

4. Membaca surat pendek di dalam Alquran. Sunnah membaca Surat Al A'la pada rakaat pertama dan Surat Al Kafirun pada rakaat kedua. Sedangkan rakaat ketiga membaca Surat Al Ikhlas.

5. Rukuk

6. Iktidal

7. Sujud

8. Duduk di antara dua sujud

9. Setelah melakukan sujud, lanjutkan dengan rakaat kedua hingga ketiga seperti urutan yang dijelaskan sebelumnya. Pada rakaat ketiga, lakukan tahiyat akhir.

10. Tahiyat Akhir

11. Salam

Demikian penjelasan mengenai niat sholat witir di bulan Ramadhan 2023 lengkap tata cara hingga waktu pelaksanaannya. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bishawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini