nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Khatam Alquran Sebulan Selama Ramadan

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 04:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 05 616 2051837 tips-khatam-alquran-sebulan-selama-ramadan-n5HoUDHnx1.jpg

MEMBACA dan khatam Alquran adalah salah salah satu anjuran bagi umat islam. Apalagi di bulan Ramadan dimana kitab suci tersebut diturunkan.

Selain mendapatkan pahala dan banyak keberkahan, membaca Alquran masih banyak lagi keutamaannya. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30).

Namun masih banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan atau urusan duniawi lainnya. Lalu bagaimana caranya supaya khatam Alquran sebulan bagi orang yang sibuk dengan pekerjaan selama Ramadan?

Okezone telah mewawancarai Ustadz Reza, salah satu alumnus pondok pesantren Darutauhid untuk mendapat tips khatam Alquran sebulan selama Ramadan walaupun banyak kesibukan yang dijalani.

“Menurut saya ada beberapa cara yang bisa dijalani, salah satunya dengan membaca Alquran setelah salat dan sebelum salat 5 waktu. Alquran berisi 30 Juz sedangkan per juznya memiliki 20 halaman yang berarti 10 lembar. Buat target baca sehabis salat 2 halaman (1 Lembar) dan sesudah salat 1 lembar juga. Sehari bisa selesai 1 juz, jadi dalam sebulan sudah bisa khatam Alquran-nya,” ujar Ustadz Reza.

Baca Juga : Kisah Hidup Mansa Musa, Raja Muslim Paling Kaya Sepanjang Sejarah

Bagi beberapa orang tips ini dirasa ampuh agar bisa khatam Alquran sebulan selama Ramadan. Ustadz Reza menambahkan,“Adapun cara lain yang bisa dilakukan seperti mempunyai Alquran kecil yang bisa dibawa ke mana-mana lalu bacalah ketika jam istirahat kerja atau sedang tidak dalam kesibukan pekerjaan. Walaupun agak lama tetapi tidak ada batasan waktu untuk mengkhatamkan Alquran.”

Adapun keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadan banyak sekali, di antaranya:

1. Orang yang membaca Alquran akan ditingkatkan derajatnya

Rasullulah pernah bersabda:

“Akan dikatakan kepada pembaca Alquran “Bacalah dan naiklah (ke derajat yang tinggi), serta tartilkanlah sebagaimana kamu mentartilkannya ketika di dunia, karena kedudukanmu pada akhir ayat yang kamu baca.” (Hasan shahih, HR. Tirmidzi).

2. Dicintai Allah dan Rasul-Nya

Ibnu Mas’ud pernah berkata, “Barangsiapa yang ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah: “Jika ia mencintai Alquran, berarti ia mencintai Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Thabraniy dengan isnad, di mana para perawinya tsiqah)

3. Membaca Alquran akan mendapatkan Syafaat di hari kiamat

Rasullulah bersabda: “Bacalah Alquran, karena ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

4. Membaca 1 huruf Alquran sama dengan melakukan 10 kebaikan

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

5. Orang yang membaca Alquran sama seperti bersedekah

“Orang yang membaca Alquran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, dan orang yang membaca Alquran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i, lihat Shahihul Jaami’: 3105)

Semua orang islam pasti tahu bahwa salah satu ibadah yang harus dijalankan dan paling agung adalah membaca Alquran. Tidak akan merugi didunia maupun diakhirat bagi orang yang membaca Alquran. Wallahu A'lam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini