nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hukum Membaca Alquran Melalui Handphone

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 02:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 08 616 2052814 hukum-membaca-alquran-melalui-handphone-7kxfFnKZny.jpg Alquran Digital (Foto: Tipspintar)

MEMBACA Alquran di bulan suci Ramadan merupakan salah satu ibadah yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah. Umat Islam pun sangat dianjurkan membaca Alquran di bulan penuh berkah ini.

Dalam sebuah riwayat, Abdullah bin Abbas RA mengatakan bahwasannya “Rasulullah SAW pada tiap-tiap malam Ramadan, senantiasa didatangi malaikat Jibril AS, untuk mendaras (mempelajari) Alquran. (HR. Bukhari).”

Di zaman yang sudah canggih ini semua orang islam sudah dipermudah dengan adanya Alquran digital, bisa dibaca melalui handphone (HP) atau tablet. Tapi masih banyak orang yang mempertanyakan apakah hukumnya membaca Alquran dari HP atau Tablet.

Okezone telah mewawancarai Ustadz M Najmi Fathoni untuk menanyakan prihal hukum membaca Alquran melalui HP dan bagaimana ketika membawa HP berisi aplikasi Alquran digital ke toilet, berikut ulasannya:

“Banyak ulama yang sepakat hukum membaca Alquran di HP atau tablet adalah mubah atau diperbolehkan,” kata Ustad M Najmi Fathoni kepada Okezone.

Namun banyak orang juga mempertanyakan apakah kita harus dalam keadaan suci atau mempunyai wudhu saat membaca Alquran lewat HP? Semua orang pasti tahu bahwa ketika kita memegang dan membawa mushaf harus mempunyai wudhu, dan ketika tidak dalam keadaan memiliki wudhu, maka haram hukumnya memegang maupun membawa mushaf. Allah Berfirman:

لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.” (QS. Al-Waqi’ah: 79).

Yang dimaksud mushaf di sini adalah:

والمراد بالمصحف كل ما كتب في شيء من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمودا او جدار كتب عليه شيء من القرآن للداسة

 “Adapun yang dimaksud mushaf adalah semua benda yang huruf-huruf Alquran ditulis di atasnya untuk tujuan belajar, seperti papan, tiang dan tembok yang ada tulisan huruf-huruf Alquran untuk tujuan belajar.” (Penjelasan Imam Nawawi Al Jawi dalam Kitab Nihatuz Zain)

“Ketika kita membuka Alquran melalui aplikasi ketika aplikasinya terbuka itu hukumnya sama seperti kita membaca mushaf artinya kita harus dalam keadaan suci atau mempunyai wudhu,” ujar Ustad M Najmi Fathoni.

Lalu bagaimana kalau kita membawa HP yang berisi aplikasi Alquran ke Toilet? Ustadz M Najmi Fathoni menambahkan,“Selama aplikasi itu tidak terbuka, maka diperbolehkan, namun jika aplikasi itu terbuka di HP Anda, maka sama saja kita membawa mushaf ke toilet dan itu tidak diperbolehkan.”

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini