nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Ini Bahaya Makan Junk Food saat Buka Puasa!

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 13 616 2055071 awas-ini-bahaya-makan-junk-food-saat-buka-puasa-U1rqGbKhTZ.jpg Bahaya makan junk food saat buka puasa (Foto : Zeenews)

Makanan cepat saji sering menjadi menu berbuka puasa karena dinilai praktis. Sayangnya, sebagian besar makanan cepat saji sebenarnya merupakan junk food yang memiliki bahaya bagi kesehatan, apalagi jika untuk berbuka puasa.

Junk food adalah sebutan untuk makanan tinggi kalori, gula, dan lemak tanpa disertai nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral, dan serat. Alih-alih memberikan nutrisi bagi tubuh setelah seharian berpuasa, konsumsi junk food justru merugikan tubuh Anda ketika menjadi menu buka puasa.

Bahaya makan junk food saat buka puasa

Mengonsumsi junk food untuk berbuka puasa dapat menimbulkan dampak sebagai berikut:

1. Menambah berat badan

Junk food merupakan makanan yang telah melewati banyak proses pengolahan sehingga nutrisinya hilang.

Makanan ini pun tidak mengandung cukup serat sehingga Anda tetap tidak merasa kenyang walaupun telah mengonsumsi porsi besar.

Restoran yang menjual junk food biasanya menggunakan lemak trans untuk mengolah sehingga memberikan rasa lezat pada makanan.

Rasa lezat pada yang bisa membuat Anda makan dalam jumlah banyak tanpa menyadarinya.

Kini bayangkan jika Anda sering mengonsumsi junk food untuk berbuka puasa. Kalorinya yang tinggi akan tertimbun dalam tubuh Anda, apalagi jika Anda tidak aktif berolahraga.

Akibatnya, Anda mengalami pertambahan berat badan setelah berpuasa.

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Salah satu bahaya junk food ketika dijadikan andalan saat buka puasa adalah risiko penyakit jantung. Selain lemak trans, junk food juga mengandung lemak jenuh. Kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan kolesterol jahat yang disebut LDL (low-density lipoprotein).

Peningkatan kolesterol LDL akan memicu timbunan lemak pada pembuluh darah arteri. Di saat yang sama, lemak trans turut menurunkan kolesterol baik yang disebut HDL (high-density lipoprotein).

penyakit jantung

Padahal, kolesterol baik ini dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah. Plak kolesterol kemudian menghambat aliran darah kaya oksigen menuju jantung dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Jadi, sebaiknya tidak mengonsumsi junk food untuk buka puasa jika tidak ingin terkena penyakit jantung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini