nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendapat Keberkahan Lailatul Qadar, Ini Bacaan Doa Puasa Ramadan Hari ke-27

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 05:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 31 618 2062655 mendapat-keberkahan-lailatul-qadar-ini-bacaan-doa-puasa-ramadan-hari-ke-27-Ds6G7OhN7s.jpg Berdoa di puasa Ramadan (Foto: Freepik)

TAK sedikit ulama yang meyakini bahwa malam ke-27 puasa Ramadan adalah malam turunnya lailatul qadar. Karena itu, masyarakat Muslim di berbagai negara menyambutnya dengan keberkahan dan rasa syukur, memperbanyak amal ibadah dan kebaikan. Seorang muslim yang sangat mencintai Allah SWT dan Rasul-nya pasti sangat merindukan Lailatul Qadar.

I'tikaf menjadi ibadah utama pada malam puasa Ramadan. Jutaan Muslim berduyun-duyun ke masjid. Mereka menghabiskan waktunya dengan melakukan berbagai ibadah, seperti shalat, berzikir, dan tadarus alquran demi mendapatkan malam yang lebih baik ketimbang seribu bulan tersebut. Melalui lafal doa hari ke-27 berikut ini, kita akan diberikan arahan hidup menjadi lebih beriman :

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ فِيْهِ فَضْلَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَ صَيِّرْ أُمُوْرِيْ فِيْهِ مِنَ الْعُسْرِ إِلَى الْيُسْرِ وَ اقْبَلْ مَعَاذِيْرِيْ وَ حُطَّ عَنِّيَ الذَّنْبَ وَ الْوِزْرَ يَا رَؤُوْفًا بِعِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ

Allâhummarzuqnî fîhi fadhla laylatil qadri wa shayyir umûrî fîhi minal ‘usri ilal yusri waqbal ma’âdzîrî wa huththa ‘anniyadz dzanba wal wizra yâ ra`ûfan bi’ibâdihîsh shâlihîn

 

Artinya :

”Ya Allah, berkahilah aku di bulan ini dengan mendapatkan lailatul qadr. Ubah arah hidupku dari hidup yang susah menjadi mudah. Terimalah segala permohonan maafku dan hapuskan dosa-dosa dan kesalahanku. Wahai Yang Maha Penyayang terhadap hamba-Nya yang soleh.”

Dengan mengucap lafal doa tersebut kita akan mendapatkan amalan-amalan yang dapat dilakukan pada Lailatul Qadar bulan Ramadan. di antaranya:

1. Melaksanakan salat wajib atau salat fardhu secara berjamaah.

2. Rajin mendirikan salat malam atau qiyamul lail pada bulan Ramadan termasuk salat tarawih.

3. Membawa Alquran sangat dianjurkan pada bulan Ramadan dengan sebanyak-banyaknya khatam atau tartil.

4. Memperbanyak berdzikir dan beristighfar kepada Allah SWT.

5. Memperbanyak berdoa karena doa-doa yang dipanjatkan pada bulan Ramadan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Malam Lailatul Qadar juga kerap disebut sebagai malam penuh kedamaian hingga terbit fajar. Ketika seseorang memperoleh Lailatul Qadar di malam puasa Ramadan, merasakan ketenangan dan kedamaian di malam tersebut, merasakan cahaya yang terang benderang sekalipun kondisinya gelap gulita. Bahkan suasana yang hening dan damai. Semoga dengan mengucap lafal doa tersebut, kita mendapatkan berkah dan kenikmatan malam Lailatul Qadar.

(dno)

Berita Terkait

Kumpulan Doa

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini