nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Doa saat Traveling Naik Pesawat

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 11:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 08 618 2075958 ini-doa-saat-traveling-naik-pesawat-I6P80ktSae.jpg Saat naik pesawat harus berdoa (Foto: Twisted Food)

Berdoa menjadi kegiatan wajib saat akan melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan umum baik darat, laut, maupun udara. Doa sangat penting bagi manusia.

Doa diucapkan agar kita selamat dari risiko perjalanan. Selain itu juga untuk menjaga ketenangan hati jika terjadi hal-hal di luar kemampuan manusia dalam perjalanan.

 pesawat

(Foto: Pixabay)

Untuk penganut agama Islam ada doa khusus yang dapat dilafalkan sebelum naik kendaraan seperti pesawat atau kapal laut.

Berikut ini adalah doa saat berpergian naik pesawat yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Okezone, Senin (8/7/2019).

Berikut doanya:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur-rahiim. Wa maa qadarullaaha haqqa qadrih.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S.Hud [11] ayat 41). “Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya.” (Q.S. Al-An’am [6] ayat 91).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, bahwa orang yang mengucapkan doa dzikir tersebut akan selamat dari tenggelam atau jatuh. (HR Ibnu Sinni).

Doa ini bersumber dari Alquran, Surat Huud (11) ayat 41. Di zaman Rasulullah, doa ini hanya doa naik kendaraan laut, lalu setelah ada pesawat terbang, doa ini juga dipakai untuk naik pesawat terbang.

Secara umum, diawali atau dilengkapi dengan doa naik kendaraan, termasuk naik kendaraan udara (pesawat) dan kendaraan laut (kapal laut), berikut doanya :

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Artinya : “Maha Suci (Tuhan) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Doa ini bersumber dari Al-Qur’an, surat Az-Zukhruf [43] 13-14:

لِتَسْتَوُوا عَلَىٰ ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Artinya : “Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: ‘Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami’.”

Dilengkapi dengan :

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Artinya : “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud 3/34, At-Tirmidzi 5/501, dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/156.)

 

Mengapa harus membaca doa-doa seperti itu? Insya Allah, agar perjalanan kita dicatat sebagai ibadah di sisi-Nya. Selain itu, ini adalah bentuk kepasrahan kita pada Sang Pencipta. Kita berharap untuk selamat. Namun kita juga harus siap kalau di perjalanan terjadi apa-apa. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk takut naik pesawat. Yakinlah, ada Allah Yang Maha Melindungi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini