nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Berhenti Belajar Alquran

Jum'at 26 Juli 2019 17:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 26 613 2084018 tidak-berhenti-belajar-alquran-PgW0y5ODiv.jpg

TIDAK terasa sudah hampir tiga bulan berjalan sejak Ramadhan 2019 berlalu. Masih terasa bekas-bekas nikmatnya beribadah di bulan suci tersebut. Tentu masih terbayang juga di benak kita bagaimana nikmatnya berdiri melakukan shalat tarawih bersama saudara seiman di masjid. Tentu masih terbayang juga bagaimana nikmatnya berbuka puasa bersama keluarga, saling memberi nasehat antar sesama, saling mengasihi dengan tetangga dan berbagai kebaikan lainnya.

Akan tetapi bagi seorang muslim, kebaikan tidak selayaknya berhenti karena berakhirnya bulan yang mulia tersebut. Karena benih-benih kebaikan harus terus kita tanam selama diri kita masih hidup. Walau Ramadhan telah berlalu, akhlak harus terus menjadi mulia, dan ibadah pun harus tetap terjaga. Salah satunya ibadah membaca Alquran.

Kenapa difokuskan pada membaca Alquran? Karena inilah salah satu ibadah yang biasanya naik jumlah dan kualitasnya pada bulan mulia tersebut, dan tetap bisa dijalankan di luar bulan penuh berkah itu. Adapun ibadah lainnya seperti shalat tarawih berjama’ah di masjid tidak bisa dilakuan di selain bulan Ramadhan.

Tidak Berhenti Membaca Alquran

Sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk tidak berhenti menjaga amal shalih membaca Alquran walaupun sudah tidak lagi berada di bulan Ramadhan. Ini sangatlah penting. Mengapa?

Menjaga konsistensi membaca Alquran ini sangatlah penting, karena menurut sebagian ulama tanda diterimanya amal shalih kita di bulan Ramadhan yang telah berlalu kemarin adalah istiqamahnya kita (konsistensi) dalam beramal shalih pada bulan-bulan setelahnya. Maka istiqamahnya kita dalam membaca kitabullah dari bulan ke bulan, sejak bulan Syawwal hingga bulan Ramadhan tahun berikutnya, sepanjang tahun, adalah salah satu tanda diterimanya amal bacaan Alquran kita selama bulan Ramadhan yang berlalu.

Ada banyak sekali fasilitas yang tersedia untuk membacanya. Mushaf Alquran elektronik bisa ada di dalam saku kita semua melalui ponsel pintar yang hampir dimiliki setiap orang pada zaman now ini. Mushaf cetak pun bertebaran di berbagai masjid, juga umumnya di rumah setiap muslim pasti ada mushaf versi cetak. Tinggal dibaca saja.

Belum mampu membacanya dengan lancar? Ada banyak kursus membaca Alquran yang bisa diikuti dengan biaya terjangkau. Bahkan dengan biaya gratis. Mulai dari kursus membaca Alquran berbasis online seperti di bisaquran.com, ataupun kursus membaca Alquran yang ada di masjid-masjid sekitar kita. Asalkan niat kita kuat, insyaAllah akan kita temukan jalannya.

Tidak Berhenti Belajar Alquran

Tidak cukup hanya dengan membaca Alquran, lebih jauh lagi, sangat baik bila kita tambahkan waktu interaksi kita dengan Alquran dengan membaca tafsirnya. Buku tafsir sangat banyak beredar di pasaran. Mulai dari yang tebal atau tipis, yang detail atau ringkas, semuanya tersedia di sekitar kita.

Tidak punya waktu atau budget untuk membeli buku tafsir khusus? Tidak masalah, karena ada beberapa website penyedia tafsir Alquran online yang bisa diakses secara online tanpa biaya dan juga secara instant, semisal tafsirweb.com. Semua tersedia di dalam dan hanya butuh beberapa detik mengaksesnya.

Maka jangan sia-siakan kesempatan hidup yang masih diberikan untuk kita. Jangan pula biarkan semangat yang sudah terpompa kencang selama bulan mulia kemarin menjadi redup, menjadi tiada. Ingatlah bahwa catatan amal shalih kita tetap ditulis sampai akhir nafas kita. Allahu a’lam. (Adv)

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini