nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Kokoya, Wadah Unik Daging Kurban Khas Kampung Arar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 18:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 13 614 2091454 mengenal-kokoya-wadah-unik-daging-kurban-khas-kampung-arar-kcuhpaWSjT.jpg Kokoya, wadah khas daging kurban ramah lingkungan

Perayaan Idul Adha tak hanya semarak di Pulau Jawa. Di Papua Barat, gaung hari Raya Kurban juga terasa. Bahkan ada yang unik dari prosesi pembagian hewan kurban di sana.

Usai dilakukan penyembelihan hewan kurban dalam rangkaian Idul Adha, sebagian warga khususnya wanita, mengemas Kokoya. Adalah sebuah wadah unik khas Kampung Arar yang kali ini digunakan sebagai tempat menaruh potongan daging sapi kurban.

Kokoya terbuat dari daun sukun dan digunakan sebagai pengganti kantong plastik yang bermaksud sebuah kelestarian alami dan agar ramah lingkungan. Biasanya Kokoya digunakan sebagai wadah menaruh lauk pauk ataupun sebagai makanan hantaran.

“Sederhana saja, namun inilah khas kami Kampung Arar. Kokoya kami gunakan untuk membagikan potongan daging kurban kepada warga hari ini,” ujar Mama Nano, salah satu warga Kampung Arar, melalui siaran pers yang diterima Okezone.

Tim Tebar Hewan Kurban mendukung kearifan lokal yang mendukung keramahan lingkungan tersebut, turut membantu mengemas Kokoya untuk kemudian mendistribusikan langsung potongan daging sapi kurban Idul Adha untuk warga Kampung Arar.

Pasalnya, perayaan hari raya Idul Adha 1440 H di Pulau Kampung Arar, Distrik Mayamuk, telah dilakukan penyembelihan seekor sapi hewan kurban yang didistribusikan oleh Tim Tebar Hewan Kurban bersama mitra Fastabiqul Khairot Sorong, yang dibawa dari Distrik Mariyat Pantai dengan menempuh perjalanan air menggunakan perahu kecil.

Penyaluran hewan kurban di Papua Barat

“Kami senang tim Tebar Hewan Kurban telah datang jauh dan memberikan bantuan seekor sapi kurban hingga Kampung Arar ini. Benar-benar perhatian lebih para donatur yang menjadikan hari raya ini menakjubkan bagi kami,” aku Mama Nano, salah satu warga Kampung Arar. “Kampung Arar ini luasnya kurang lebih 3 km persegi, terdapat 844 jiwa. Insya Allah dapat daging kurban semua,” lanjutnya.

Reita Annur selaku Tim Monitoring & Evaluation, mengatakan, pada hari yang sama selain di Pulau Arar, distribusi dan penyembelihan hewan kurban juga berlangsung di belahan wilayah Sorong lain yaitu di Pulau Kampung Sop, Distrik Sorong Kepulauan, juga di Desa Mariyat Pantai, Distrik Aimas, dengan masing-masing seekor sapi.

Relawan tim tebar hewan kurban di Papua Barat

“Di wilayah Sorong, Papua Barat, kami bersinergi dengan mitra Fastabiqul Khairot, mendistribusikan hewan kurban sejumlah 10 ekor sapi di 8 titik lokasi. Hari pertama Idul Adha 1440 H ini, kami laksanakan penyembelihan kurban di tiga lokasi, sesuai rencananya, penyembelihan selanjutnya akan dilaksanakan pada hari esok dan lusa,” ujar Reita.

1
3

Berita Terkait

Idul Adha

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini