nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wasiat BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun, Ustadz: Tak Apa, Itu Bukti Cinta

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 12:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 614 2103882 wasiat-bj-habibie-dimakamkan-di-samping-ainun-ustadz-tak-apa-itu-bukti-cinta-UROSxh6h5f.jpg Jenazah BJ Habibie saat tiba di rumah duka (Foto: Arif Julianto/Okezone)

BJ Habibie menulis wasiat sebelum mengembuskan napas terakhir, Rabu 11 September 2019. Salah satu wasiat itu diketahui tentang lokasi liang lahat. Habibie ingin dimakamkan di samping pusara Ainun, cintanya.

Wasiat itu menjadi gambaran keseluruhan bagaimana cinta BJ Habibie dan Ainun yang begitu besar. Tak ada yang mampu memisahkan cinta dua manusia ini. Cinta mereka pun kini abadi di sisi Tuhan.

BJ Habibie direncanakan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta selepas Dzuhur atau sekitar pukul 13.00 WIB, hari ini Kamis, (12/9/2019). Pemakaman BJ Habibie akan dilakukan secara militer.

 Peti mati digotong

Bicara mengenai isi wasiat BJ Habibie yang ingin dimakamkan di samping mendiang Ainun, Okezone coba bertanya pada Ustadz Mahfud Said bagaimana pandangan Islam mengenai hal tersebut.

Dalam penjelasan Ustadz Mahfud, Islam tidak mempermasalahkan seorang Muslim ingin dimakamkan di samping orang terkasihnya. Bahkan, baginya itu adalah bentuk cinta.

"Tak apa jika Muslim berwasiat untuk dimakamkan di samping orang yang disayangi. Bahkan, itu kan memang harapan kita semua, terus bersanding dengan orang terkasih," paparnya pada Okezone melalui pesan singkat, Kamis (12/9/2019).

 Laki-laki dan perempuan

Ustadz Mahfud melanjutkan, menjadi budaya juga di Indonesia, ketika suami istri meninggal, maka kuburan mereka berdampingan.

Hal ini ternyata sudah ada juga sejak masa Tabiit Tabiin. Menurut Ustadz Mahfud, di zaman itu banyak raja yang dikuburkan berdampingan dengan istrinya.

Terlebih, jika bicara mengenai letak kuburan. Ustadz Mahfud tidak menemukan adanya penyelewengan aqidah terkait dengan ingin dikuburkan bersampingan dengan orang terkasih. Hal yang ada selama ini adalah syarat umum menguburkan jenazah.

Ada empat hal yang diterangkan Ustadz Mahfud mengenai syarat umum menguburkan jenazah tersebut. Dapat dijelaskan, poin pertama adalah membuat galian setinggi kita berdiri dan lebarnya 1 meter (kurang lebih). Poin kedua adalah jenazah dimiringkan ke arah kiblat.

Setelah itu, syarat lainnya ialah lepas tali yang mengikat tubuh jenazah, dimulai dari kepala. Poin terakhir, disunnahkan membaca ini; "Bismillahi wa ala sunnati Rasulillahi shallallahu 'alaihi wa sallama".

"Jadi, jika Habibie ingin dimakamkan di samping kuburan Ainun, ya, tidak apa-apa. Letak kuburan jenazah bebas," tandasnya.

1
3

Berita Terkait

Serba-serbi Muslim

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini