Ini 3 Cara Jitu Memilih Kosmetik Halal

Nikmatul Nurul Aeni, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 20 617 2107427 ini-3-cara-jitu-untuk-memilih-kosmetik-halal-4jV1SuxdfP.jpg Kosmetik halal penting untuk muslim (Foto: Viral Mummy)

Kosmetik merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan perempuan. Setiap perempuan setiap hari menggunakan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Namun, perempuan muslim harus memastikan kalau kosmetik yang dipakainya adalah kosmetik halal.

 Harus jeli memilih kosmetik

Pada era modern ini tak mudah untuk menemukan produk kosmetik halal. Sebab ada kosmetik yang bermerek terkenal menggunakan bahan lemak babi sehingga dapat mempengaruhi muslimah saat mau melaksanakan ibadah.

Buat kamu para perempuan muslim, jangan sembarangan memilih kosmetik. Terdapat kosmetik yang memiliki kandungan yang tidak halal. Lalu bagaimanakah cara memilih kosmetik yang halal?

Seperti dilansir dari Viral Mummy, Jumat (20/9/19), terdapat 3 cara jitu untuk memilih kosmetik halal:

1. Periksalah label kemasan

Memeriksa dan melakukan verifikasi daftar bahan kosmetik harus dilakukan. Ini untuk mengetahui apakah produk mengandung bahan yang halal atau tidak.

Jika, kamu menemukan bahan yang bernama cochineal atau carmine maka kosmetik mengandung bahan yang tidak halal. Cochineal atau carmine memiliki warna merah yang dianggap haram karena menggunakan bahan baku serangga. Dalam Islam bahan baku serangga itu haram, kecuali belalang.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Pastikan apakah ada bahan yang diragukan kehalalannya

Jika kamu menemukan kandungan keratin (keratin terhidrolisis) dalam pelembab tertentu, maka pelembab itu diekstraksi dari daging sapi atau daging babi. Kandungan Asam Oleat yang ditemukan dalam kosmetik dan pelembab tertentu berasal dari bahan hewani seperti sapi dan babi.

Pelembab yang mengandung gliserin atau gliserol diperoleh dari lemak babi, yang berarti haram untuk muslim. Jika kamu menemukan kandungan gelatin dalam kosmetik dan pelembab yang diekstraksi dari gelatin ikan, maka bisa disebut halal untuk muslim.

3. Carilah produk yang bersertifikat halal

Saat kamu ingin membeli kosmetik, maka lihatlah apakah produk tersebut sudah mengantongi sertifikat halal atau belum. Produk yang sudah mengantongi sertifikat halal maka aman untuk digunakan bagi muslim.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghindari kosmetik yang berbahan tidak halal. Cara jitu di atas bisa kamu terapkan dari sekarang untuk membeli produk kosmetik. Sekarang kamu jangan sampai salah pilih ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya