nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alquran dan Rasulullah Sebut Minum Susu adalah Obat Penyembuh!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 02 614 2112128 alquran-dan-rasulullah-sebut-minum-susu-adalah-obat-penyembuh-ErxzKfY17f.jpg Minum susu bisa menjadi obat penyembuh (Foto : Boldsky)

Sejak kecil kita diminta untuk rutin mengonsumsi susu. Minuman yang satu ini dikatakan bermanfaat untuk proses pertumbuhan tubuh. Tapi, tahukah Anda seruan ini juga sudah digaungkan Rasulullah sejak dulu.

Ya, Rasulullah sudah mengajak Muslim untuk meminum susu sejak zamannya. Hal ini bisa dilihat dari salah satu hadis berikut ini;

"Aku tidak tahu sesuatu yang mencukupi dari makanan dan minuman selain susu." (HR. At-Tirmidzi).

Beliau juga bersabda, "Allah senantiasa menurunkan penyakit dengan obatnya, maka minumlah oleh kalian susu sapi, karena ia (sapi) makan dari tiap pohon." (HR. Ahmad).

Susu sehat

Bahkan, diterangkan di hadis tersebut, susu adalah obat penyembuh dari suatu penyakit. Maka dari itu, Rasulullah menyerukan Umat untuk mengonsumsi susu demi kesehatan tubuhnya.

Bukti lainnya yang menjelaskan susu adalah obat penyembuh adalah hadis Rasulullah yang satu ini, "Minumlah oleh kalian susu sapi, karena susunya adalah obat, lemaknya adalah penyembuh, dan dagingnya adalah penyakit." (HR. At-Tirmidzi).

Lebih lanjut, dikutip Okezone dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran; Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr. Nadiah Thayyarah, Imam Ahmad pernah meriwayatkan,

"Ya Allah, berkahilah kami pada susu dan tambahilah bagi kami, karena tidak sesuatu yang mencukupi dari makanan dan minuman selain susu."

minum susu dituang

Tidak hanya Rasulullah yang meminta kita meminum susu, melainkan Allah SWT. Hal ini bisa dilihat dari firman Allah SWT berikut ini;

"Perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang ada di dalamnya ada sungai-sungai air dan susu yang tiada berubah rasa dan baunya." (Muhammad: 15).

Kemudian, Allah SWT berfirman,

"...dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kalian. Kami memberi kalian minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya." (An-Nahl: 66).

susu di tangan

Sementara itu, ilmu medis telah menjelaskan, mengonsumsi susu baik untuk kesehatan tubuh manusia. Susu merupakan makanan pertama yang dikonumsi manusia sejak dilahirkan di dunia.

Para ahli gizi berpendapat, susu adalah satu-satunya makanan yang dapat mencukupi kebutuhan manusia tanpa makanan dan minuman lainnya selama jangka waktu tertentu. Ini mengacu pada 1000 hari pertama kelahiran manusia. Jadi, sudahkah Anda minum susu hari ini?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini