Banjir Rendam Jakarta, Ini Doa Memohon Perlindungan dari Bencana

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 618 2148373 banjir-rendam-jakarta-ini-doa-memohon-perlindungan-dari-bencana-W5oi8e6V6l.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

KETUA Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan, ketika bencana alam tiba seperti gempa bumi, tsunami, angin puting beliung, atau seperti banjir yang merendam Jakarta, maka sebaiknya umat Muslim mengingat kekuasaan Allah SWT.

Ia menuturkan bahwa musibah atau bencana yang dikarenakan suatu sebab akibat, itu sebenarnya ujian yang diberikan Allah kepada hambaNya di dunia.

"Jika ada bencana di suatu tempat maka ada tiga kemungkinan yang terjadi," ujarnya lagi saat dihubungi Okezone, Rabu malam (1/1/20). Tiga kemungkinan itu di antaranya:

 

Ilustrasi. Foto: Istimewa

1. Jika ia adalah seorang Mu'min, itu jelas ujian dariAllah.

2. Jika terjadi pada orang Islam tapi fasik atau masih suka maksiat, bencana itu bisa jadi teguran.

3. Jika bencana menimpa orang yang tidak beriman bisa jadi itu peringatan atau bahkan adzab yang ditimpakan Allah di dunia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Seperti dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 155 yaitu:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Wa lnabluwannakum bisyai`im minal-khaufi wal-jụ'i wa naqṣim minal-amwāli wal-anfusi waṡ-ṡamarāt, wa basysyiriṣ-ṣābirīn

Artinya: "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar."

Untuk itu, kata Fauzan, sebaiknya seorang Muslim berdoa dan memohon ampun kepada Allah, yakni sebagai bentuk penyesalan dan tobat atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

Berikut ini adalah doa meminta perlindungan dari bencana yang biasa kita dibaca:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu. (HR. Muslim).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya