nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penjelasan Quraish Shihab tentang Kewajiban Memakai Hijab

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 12:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 30 330 2160580 ini-penjelasan-quraish-shihab-tentang-kewajiban-memakai-hijab-0VJXRUwhI2.jpg Quraish Shihab Menjelaskan tentang Kewajiban Memakai Hijab (Foto: Dok Okezone)

Polemik tentang kewajiban memakai hijab untuk muslimah dalam Islam masih berlanjut hingga sekarang. Hal tersebut dikarenakan perpedaan pendapat para ulama yang memiliki pandangan berbeda.

Perbedaan pendapat tentang kewajiban memakai hijab sebelumnya juga telah dijelaskan salah seorang cendikiawan muslim, Muhammad Quraish Shihab. Dikutip dari video akun youtube Imam Puji Hartono diunggah pada 20 Oktober 2009, Quraish Shihab mengatakan pengertian hijab atau jilbab memiliki makna yang berbeda-beda.

"Kita baru saja memulai pembahasan apa itu jilbab, ulama sudah beda pendapat. Ada yang bilang kerudung ada baju lebar dan sebagainya. Ada yang bilang belum menutup aurat karena belum memakai cadar, beda pendapat," katanya dalam program di salah satu stasiun televisi nasional.

Ia melanjutkan, ada ulama yang memaknai bahwa terpenting adalah memakai pakaian terhormat dan sopan. "Kalau ditanya bagaimana keluarga saya? Istri saya pakai jilbab, anak tertua saya pakai jilbab, atas kesadarannya bukan saya perintah," ucapnya.

Mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII ini menegaskan, sebenarnya ia setuju jika seorang muslimah mengenakan hijab. Namun hal tersebut tidak bisa dipaksakan begitu saja karena masing-masing ulama memiliki pandangan atau pendapat.

"Karena ada ulama yang berpendapat bahwa jilbab tidak wajib, ada ulama yang berkata wajib menutup aurat. Sedangkan aurat diperselisihkan oleh ulama," ujarnya.

Sementara itu Kepala Lajnah Pantashihan Alquran Kementerian Agama Republik Indonesia, KH Muchlis M Hanafi mengatakan, hijab pada prinsipnya adalah pakaian yang menutup aurat.

Ia melanjutkan, di dalam Islam tidak ada syarat bahwa hijab atau jilbab yang harus dikenakan itu seperti apa. Dalam Islam hanya menentukan batasan aurat saja, namun itupun masing-masing memiliki perbedaan pendapat.

"Jadi soal bentuk, Islam tidak menentukan bentuk jilbab tertentu. Islam hanya menetapkan batasan aurat yang harus ditutupi. Dan itu para ulama berbeda. Ada yang mengatakan semuanya, ada yang mengatakan dikecualikan wajah dan telapak tangannya," katanya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini