Alhamdulillah, Imam Besar Al Sudais Pastikan Masjidil Haram Dibuka dalam Waktu Dekat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 07:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 30 614 2207014 alhamdulillah-imam-besar-al-sudais-pastikan-masjidil-haram-dibuka-dalam-waktu-dekat-OoOB1nNxEF.jpg Imam Besar Masjidil Haram Al Sudais. Foto diambil dari Alarabiya/Twitter

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais memastikan bahwa Masjidil Haram akan kembali dibuka dalam waktu dekat ini. Sebelumnya pada Selasa 28 April 2020 ia beserta jajarannya diketahui telah melaksanakan proses disinfeksi untuk mensterilkan tempat paling suci bagi umat Islam tersebut dari paparan virus corona atau COVID-19.

Dalam kesempatan tersebut, Imam Besar Al-Sudais juga sempat memberikan pidato sekaligus menyatakan bahwa Masjidil Haram akan segera dibuka untuk umum.

"Hari-hari itu akan segera tiba, ketika kesedihan berhasil diusir, dan umat Islam akan kembali ke dua masjid paling suci untuk tawaf (mengeliling Ka'bah), sa'i (ritual berlari kecil sebanyak tujuh kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya), serta shalat di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Nabi Muhammad SAW," ungkapnya.

Al-Sudais menambahkan, semuanya akan kembali seperti sedia kala ketika Allah SWT telah mengizinkan. Namun untuk sementara ini, pihaknya dan Kerajaan Arab Saudi akan memastikan seluruh area telah benar-benar aman untk dikunjungi.

Maka dari itu, dia mengimbau umat Muslim untuk tetap bersabar, tidak tergesa-gesa, serta senantiasa mengikuti kebijakan social distancing demi mencegah penyebaran virus corona.

Sementara Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi dalam pernyataan tertulis di Twitter juga memastikan Masjidil Haram akan kembali dibuka dalam waktu dekat ini.

"Insya Allah, di bawah kepemimpinan pemerintah kita yang bijaksana, dan sejalan dengan komitmen kita untuk mematuhi prosedur dan instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas yang kompeten, Makkah akan dibuka dalam waktu dekat ini. Umat Islam dari seluruh penjuru dunia dapat berkunjung dan kembali melaksanakan ibadah di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi di Madinah," tulis pernyataan tersebut.

Beberapa waktu lalu Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais juga dilaporkan telah memonitor langsung pemasangan kamera thermal di Masjidil Haram. Alat ini sengaja dipasang untuk mendeteksi virus corona.

Keunggulan kamera thermal sendiri terletak pada kemampuannya yang dapat melakukan scanning suhu hingga 25 orang sekaligus. Kamera tersebut telah dipasang pada pintu masuk halaman Masjidil Haram.

"Hari ini, Terima Kasih Allah SWT, kami telah memasang kamera thermal, alat yang dapat mendeteksi orang yang sakit baik di dalam masjid maupun saat berada di luar. Tanda-tandanya akan terlihat pada alat ini," kata Al-Sudais.

Awal bulan ini, pihak pengelola Masjid Nabawi juga dilaporkan telah memasang kamera thermal di sejumlah area. Demikian dilansir Okezone dari Saudigazette pada Kamis (30/4/2020).

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini