5 Renungan di Bulan Ramadhan: Pertama, Usia untuk Apa Dipergunakan?

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Sabtu 02 Mei 2020 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 01 330 2207642 5-renungan-di-bulan-ramadhan-pertama-usia-untuk-apa-dipergunakan-JYKQbVrPdH.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

USTADZ Yusuf Mansur memanfaatkan Ramadhan tahun ini untuk merenungkan hidupnya. Sedikitnya ada lima hal yang  ia pikirkan dalam hidupnya sebagaimana ia ungkapkan lewat unggahan di akun Instagram @Yusufmansurnew.

Lima hal yang jadi bahan renungannya itu merupakan lima pertanyaan yang akan dihadapi pada hari kiamat. Pertanyaan pertama yakni usia untuk apa dipergunakan?

Kedua, masa muda kemana dihabiskan? Ketiga, harta dari mana diperoleh? Keempat, harta kemana dibelanjakan.

Lalu yang terakhir atau yang kelima adalah apa yang telah diamalkan dari ilmu yang dimiliki? Lima renungan tersebut berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW:

Dari Abdullah bin Mas'ud ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan bergeser tapak kaki seorang hampa pada hari kiamat di hadapan Allah SWT, hingga dia ditanya tentang lima perkara: tentang umurnya untuk apa ia habiskan, #1. Usianya untuk apa ia pergunakan, #2. Masa mudanya kemana dia habiskan. #3. Hartanya dari mana ia peroleh. #4. Hartanya kemana ia belanjakan. #5. Apa yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. at-Tirmidzi)

"Renungan buat saya. Selamat bersholawat," demikian pesan Yusuf Mansur dalam unggahannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya