Setan Dibelenggu Tapi Masih Malas Ibadah, Ini Penjelasan Felix Siauw

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 330 2208844 setan-dibelenggu-tapi-masih-malas-ibadah-ini-penjelasan-felix-siauw-Qqveav7Qk7.jpg Ustadz Felix Siauw. Foto: Instagram Felixsiauw

Salah satu mahluk yang bisa menjerumuskan manusia kepada hal-hal yang berakibat dosa adalah setan. Mahluk gaib tersebut menghasut manusia untuk berbuat maksiat, meninggalkan perintah Allah, dan lain sebagainya.

Ustadz Felix Siauw mengatakan setan sampai yaumil kiamat akan menyesatkan manusia, sebab itulah janjinya kepada Allah. Sampai kapanpun ia akan jadi musuh sejati bagi manusia.

“Dalam Alquran disampaikan bahwa segala cara akan dia lakukan, dari depan, dari belakang, dari kanan, dari kiri kita, dan mereka sangat ahli dalam tipu daya,” ujar Felix lewat akun Instagramnya @Felixsiauw pada Jumat 1 Mei 2020 sebagaimana dikutip pada Senin (5/4/2020).

Lebih lanjut setan sendiri dibelinggu satu bulan penuh pada Ramadhan. Mahluk tersebut tak kan bisa mengganggu umat yang beribadah.

Baca Juga: Kisah Nabi Zakaria Mati Syahid karena Halangi Pernikahan Terlarang

“Rasulullah bersabda bahwa ada 1 bulan saat setan dibelenggu, dikurangi kapasitasnya untuk bisa meniup rasa was-wasnya untuk menggoda manusia,” tutur Felix.

“Maka di waktu sahur menjelang subuh ini saya menyadari bahwa banyak kali saya menyalahkan setan, yang saya lupa bahwa diri saya juga bisa menjadi setan,” tambahnya.

Allah sudah menyampaikan setan itu bentuknya dua, dari golongan jin dan dari golongan manusia, dan yang lebih mengerikan menurut Malik bin Dinar adalah yang dari manusia.

Baca Juga: Istri Baru Jadi Mualaf, Begini Potret Kebahagiaan Rama Michael

Pantas saja, kata Felix Siauw, saat Ramadhan pun, masih banyak alasan untuk meninggalkan sholat, meninggalkan membaca Alquran atau masih bermalas-malas untuk beribadah serta berbuat maksiat. “Masih banyak penyakit hati,” ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pada bulan Ramadhan ini tak ada setan yang bisa disalahkan, sebab mereka sudah terbelenggu. Oleh karena itu jika masih ada yang meninggalkan ibadah dan berbuat maksiat, maka itu datang dari diri sendiri. Felix menyebutnya sebagai setan berbentuk diri sendiri.

Berdasarkan penjelasan di atas, Felix menilai wajar Muslim diperintahkan untuk banyak beristighfar saat sahur. “Wajar dalam waktu-waktu sahur ini manusia diperintahkan untuk banyak-banyak beristighfar, sebab tak usah ada setan pun kita bisa jadi sudah sangat membangkang,” ujarnyaa.

Baca Juga: Humor Gus Dur, Doa Mustajab Porter Bersorban

Orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur - QS 3:17. Dan di akhir-akhir malam (waktu sahur) mereka memohon ampun (kepada Allah). - QS 51:18

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya