Share

6 Keistimewaan Bulan Syawal

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 614 2220454 6-keistimewaan-bulan-syawal-LwwtJzUlQu.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SYAWAL diketahui merupakan bulan ke-10 dalam kalender Islam. Tanggal 1 Syawal ditandai sebagai hari raya Idul Fitri dan berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Tahukah Anda, Syawal bukan sekadar bulan yang dipilih kaum Muslim, termasuk di Indonesia, untuk menggelar pernikahan atau berhaji. Syawal ternyata juga memiliki sejumlah keistimewaan.

Lalu apa saja keistimewaan bulan Syawal? Mengutip dari Saudigazette dan Amaliah, Rabu (27/5/2020), berikut ini 6 keistimewaan bulan Syawal:

1. Banyak berkah

Di enam hari pertama bulan Syawal, Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan lebih banyak berkah. Di waktu enam hari pertama, saat Allah memberikan lebih banyak berkah, bisa dimanfaatkan umat Islam untuk menunaikan ibadah puasa.

Menurut hadis, siapa pun yang berpuasa di bulan Ramadhan lalu dilanjutkan dengan enam hari pertama di bulan Syawal, maka pahalanya sama seperti berpuasa sepanjang tahun.

2. Diawali dengan Idul Fitri

Bulan Syawal adalah momen terjadinya hari raya Idul Fitri. Ini adalah momen sukacita umat Islam atas pencapaian yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan.

Kemudian sebagai hadiah langsung dari Allah Subhanahu wa ta'ala bagi hamba-Nya yang menghabiskan Ramadhan dengan menunaikan puasa, sholat, dan ibadah lainnya.

Perayaan Idul Fitri sendiri juga mendorong umat Islam untuk melakukan lebih banyak ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Ilustrasi. (Foto: Islamcity)

3. Bulan haji

Syawal adalah bulan dimulainya pelaksanaan ibadah haji. Urutan berhaji sendiri memang dimulai pada bulan Syawal, Dzulqa'dah, dan Dzulhijjah.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

ุงู„ู’ุญูŽุฌูู‘ ุฃูŽุดู’ู‡ูุฑูŒ ู…ูŽู‘ุนู’ู„ููˆู…ูŽุงุชูŒ

Artinya: โ€œMusim haji itu pada beberapa bulan yang telah diketahui.โ€ (QS Al Baqarah: 197)

At-Thabari menafsirkan ayat tersebut. Beliau berkata:

ุฃูŠ ูˆู‚ุช ุงู„ุญุฌ ุฃุดู‡ุฑ ู…ุนู„ูˆู…ุงุช ูˆู‡ูŠ ุดูˆุงู„ ูˆุฐูˆ ุงู„ู‚ุนุฏุฉ ูˆุชุณุน ู…ู† ุฐูŠ ุงู„ุญุฌุฉ ุฅู„ู‰ ุทู„ูˆุน ุงู„ูุฌุฑ ู…ู† ูŠูˆู… ุงู„ู†ุญุฑ

Artinya: "Yaitu waktu bulan-bulan haji adalah Syawwal, Dzulqaโ€™dah dan tanggal 9 Dzulhijjah sampai terbitnya fajar pada hari nahr (menyembelih)" (Tafsir At-Thabari)

Abdullah Ibnu Umar Radhiallahuโ€™anhu berkata:

ุงู„ู’ุญูŽุฌู‘ู ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ูŒ ูˆูŽุฐููˆ ุงู„ู’ู‚ูŽุนู’ุฏูŽุฉู ูˆูŽุนูŽุดู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฐูู‰ ุงู„ู’ุญูŽุฌู‘ูŽุฉู

Artinya: โ€œBulan-bulan haji Syawal, Dzulqaโ€™dah, dan Sepuluh hari (pertama) dari Dzulhijjah." (HR Al Bukhari)

Berihram hanya boleh dilakukan di bulan-bulan Haji ini. Abdullah bin Umar juga berkata:

ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ูŠูุญู’ุฑูู…ูŽ ุจูุงู„ู’ุญูŽุฌู‘ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ููู‰ ุฃูŽุดู’ู‡ูุฑู ุงู„ู’ุญูŽุฌู‘ู

Artinya: โ€œTermasuk sunah, tidak boleh berihram (untuk haji) kecuali pada bulan-bulan haji." (HR Al Bukhari)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Bulan yang direkomendasikan untuk puasa sunah

Syawal menjadi satu-satunya bulan dalam kalender Islam yang direkomendasikan bagi umat Islam untuk berpuasa selama enam hari. Enam hari berpuasa tersebut bisa dilakukan kapan saja sepanjang bulan Syawal.

Selain pahalanya disebutkan sama dengan seperti berpuasa sepanjang tahun, berpuasa di bulan Syawal setelah Ramadhan dapat menutupi kekurangan dalam kinerja ibadah wajib selama Ramadhan.

Berpuasa di bulan ini juga membantu menjaga semangat ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar tetap tinggi, seperti di bulan suci Ramadhan.

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

5. Bulan baik menikah

Sebelum masuknya agama Islam, disebutkan orang Arab percaya bahwa pernikahan yang digelar di bulan Syawal tidak akan bertahan lama alias selalu gagal. Mitos seperti ini dikatakan jadi hal yang sudah umum di kalangan masyarakat Arab di masa pra-Islam.

Tapi Islam datang untuk mengubah keyakinan keliru dan persepsi negatif itu. Islam mengubah gagasan dan keyakinan negatif ini menjadi positif. Tahukah Anda, pernikahan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dengan Aisyah digelar pada bulan Syawal.

6. Bulan penuh sejarah

Selain pernikahan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dengan Aisyah, bulan Syawal juga banyak kejadian penting terjadi dalam sejarah peradaban Islam.

Pertempuran antara kaum Bani Qaynuqaa terjadi di bulan Syawal, begitu juga dengan Perang Uhud (pertempuran antara kaum Muslimin dengan Quraish) yang terjadi tiga tahun setelah hijrah.

Sejarahnya penting seperti halnya ibadah dan puasa wajib yang harus dilakukan umat Islam yang beriman terjadi di bulan ini. Menjadikan bulan Syawal menjadi bulan penuh sejarah dalam perjalanan agama Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini