Begini Adab Utang Piutang Menurut Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 330 2230783 begini-adab-utang-piutang-menurut-islam-hygGwBKCB7.jpg ilustrasi (stutterstock)

DALAM kehidupan masyarakat, munculnya utang piutang hal lumrah. Apalagi bagi mereka ketika kondisi terdesak, meminjam uang ke bank atau bahkan ke kerabat terdekat adalah jalan terakhir. Kemudian Islam pun membahas tentang adab utang sesuai dengan syariat.

Ketua Lembaga Peradaban Luhur (LPL), Ustadz Rakhmad Zailani Kiki mengatakan, ketika akan berutang orang itu harus memastikan dapat dan mampu membayarnya di waktu yang dijanjikan, atau sesuai akad.

"Harus memiliki adabnya, yakni saat hendak berutang seseorang harus mempunyai niat yang kuat untuk bisa membayarnya kelak saat jatuh tempo," katanya saat dihubungi Okezone, Selasa (16/6/2020).

 Baca juga: Kota Najran di Saudi Siap Jadi Museum Prasasti Batu Terbesar di Dunia

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ أَخَذَ أَمْوَالَ النَّاسِ يُرِيدُ أَدَاءَهَا أَدَّى اللَّهُ عَنْهُ، وَمَنْ أَخَذَ يُرِيدُ إِتْلاَفَهَا أَتْلَفَهُ اللهُ

Artinya: “Barangsiapa yang mengambil harta-harta manusia (berutang) dengan niatan ingin melunasinya, Allah akan melunaskannya. Dan barangsiapa yang berutang dengan niat ingin merugikannya, Allah akan membinasakannya” (HR Bukhari: 2387).

 

Sementara itu, menurut Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin ada beberapa poin mengenai adab berutang menurut syariat Islam.

Pertama, orang yang berniat berutang hendaklah benar-benar karena dalam keadaan terpaksa, dan tidak ada jalan lain kecuali berutang.

Kedua, adanya niat yang kuat dari orang berutang untuk mengembalikan.

"Ketiga, saling menjaga amanah dan dianjurkan dicatat, ditulis, atau dipersaksikan," katanya.

Keempat, hal terpenting, pemberi utang tidak boleh mengambil keuntungan atau manfaat dari orang yang berutang.

Kelima, segera melunasi utangnya jika sudah memiliki rezeki.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini