Wajib Tahu, Ini Lho Keutamaan Puasa Arafah

Sarah Nurjannah, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 614 2246377 wajib-tahu-ini-lho-keutamaan-puasa-arafah-HMCXiYpNRA.JPG KH Yahya Zainul Ma'arif alias Buya Yahya (Foto: YouTube/@Al-Bahjah TV)

ADA berbagai puasa sunah yang dianjurkan oleh Rasullullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Selain memiliki pahala yang berlimpah, terdapat keutamaan yang lainnya didapat dari puasa sunah.

Puasa sunah yang dianjurkan seperti puasa sunnah Senin-Kamis, puasa Nabi Daud, maupun puasa yang dapat dilakukan dalam sekali setahun yaitu puasa Arafah.

Puasa Arafah yang dapat dilaksanakan sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Puasa ini dianjurkan oleh Rasulullah terutama bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Mengingat bahwa sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha Tahun 2020/1441 H. Puasa ini dilaksanakan tepat sebelum pelaksanaan Idul Adha tersebut.

Baca juga: Doa Nabi Ibrahim agar Memiliki Anak Saleh dan Salehah

Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Cirebon, KH Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya, seperti dikutip dari akun YouTube Al-Bahjah TV, menjelaskan bahwa puasa sunah Arafah memiliki keutamaan yang besar bagi seorang muslim. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu," (HR. Muslim).

"Seorang hamba dapat diampuni dosa-dosanya, kesalahan-kesalahan kecil pada satu tahun ke belakang maupun yang akan datang. Dengan melaksanakan puasa Arafah, yang istimewanya terdapat pada tanggal 9 Dzulhijjah ini, maka seorang muslim mendapatkan keberkahan tersebut," kata Buya Yahya.

Siapa yang tidak ingin dosanya diampuni oleh Allah apalagi selama satu tahun? Tentu setiap muslim mendambakan agar aib buruknya diampuni Allah Ta'ala. Maka sebagai umat muslim ia hendaklah berusaha memperbanyak amalannya seperti berpuasa khususnya sebelum hari raya Idul Adha.

Buya Yahya melanjutkan, adapun kesalahan-kesalahan tersebut merupakan dosa-dosa kecil yang dilakukan hamba sekilas dalam kehidupannya sehari-hari. Seorang muslim yang melaksanakan puasa Arafah serta ia senantiasa menghindari dosa besar, maka dosanya akan diampuni. Seperti yang disebutkan, dosa-dosa tersebut termasuk dosa kecil.

Ia melanjutkan, dosa-dosa kecil tersebut misalnya seperti seorang muslim ketika di kehidupannya sehari-hari tidak sadar sekilas telah melihat aurat seseorang, atau melihat yang diharamkan oleh Allah.

"Ketika berpuasa Arafah dalam sepuluh hari pertama tersebut, jangan meninggalkan puasa khususnya pada tanggal 9, agar memeroleh keutamaan tersebut," tutupnya.

Sebagai umat Islam, kita sebaiknya mencari amalan sebanyak-banyaknya dengan mengerjakan amalan-amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Perbanyak amalan untuk mempersiapkan jelang hari raya Idul Adha nanti, dengan berpuasa, maupun tadarus Alquran, serta amaliah lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini