Jangan Tinggalkan Puasa Arafah, Ini Keutamaannya yang Wajib Kamu Ketahui

Yudistira, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 330 2247280 jangan-tinggalkan-puasa-arafah-ini-keutamaannya-yang-wajib-kamu-ketahui-N3c28WYSxX.jpg ilustrasi (stutterstock)

DZULHIJJAH adalah salah satu bulan istimewa dalam Islam. Ada banyak perintah ibadah pada bulan ini, mulai dari berhaji, berkurban hingga berpuasa. Paling utama adalah Puasa Arafah.

Puasa Arafah hukumnya sunah muakad atau sunah yang sangat dianjurkan. Dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah atau sehari jelang Hari Raya Idul Adha. Pada hari itu, muslim seluruh dunia yang melaksanakan ibadah dihaji di Tanah Suci melaksanakan wukuf di Arafah, makanya disebut Puasa Arafah.

Menurut Ustadz Nizar Maulana Malik, pemimpin Pondok Pesantren Minnatul Huda, Purwakarta, Jawa Barat, Puasa Arafah fadhilahnya sangat istimewa, yakni bisa menghapus dosa.

Baca juga:  Amalkan Zikir Ini, Dosa Akan Diampuni Meski Sebanyak Buih di Laut

Dia mengutip hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. “Puasa pada Hari Arafah akan menghapus dosa dua tahun, satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang,” katanya ketika dihubungi Okezone, Kamis (16 /7/2020).

Dikutip dari buku ‘Himpunan hadits Shahih Muslim’ karya Hussen Bahreisj, bahwa keutamaan Puasa Araffah sebagaimana hadist Rasulullah dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim, no. 1162).

 

Pendakwah kondang Ustadz Adi Hidayat mengatakan, makna hadist Nabi Muhammad SAW tentang keutamaan Puasa Arrafah tersebut adalah, Allah mengampuni dosa seorang hamba yang berpuasa pada hari itu setahun yang lalu dan menjaga orang tersebut dari perbuatan dosa setahun yang akan ada.

"Ada orang berpuasa arrafah tapi setelah Puasa Arafah masih bisa berbohong itu pertanda puasanya gagal," kata Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah kajian yang ditayangkan di chanel Youtobe.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini