Dianjurkan Perbanyak Ibadah di Hari Kamis, Pintu Surga Terbuka Lebar

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 614 2261517 dianjurkan-perbanyak-ibadah-di-hari-kamis-pintu-surga-terbuka-lebar-rjWokB2j5o.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

DAI muda Nahdatul Ulama (NU), Ustadz M Najmi Fathoni mengatakan, pada hari Kamis dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Misalnya puasa sunah, sedekah, zikir dan lainnya.

"Ada hadits juga yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi. Rasulullah menyebutkan, ada berbagai amalan itu dilaporkan kepada Allah yaitu pada hari Senin dan Kamis," katanya saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Ustadz Najmi menambahkan, bahwa ketika Kamis tiba sebenarnya sudah mulai memasuk waktu hari Jumat. Di mana pintu-pintu surga dibuka seluas-luasnya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Baca juga: Lupa Niat Puasa Sunah Kamis, Bolehkah Berniat di Siang Harinya?

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: "Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan," (HR. Muslim).

Kemudian, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Segala amal perbuatan manusia akan diperiksa pada hari Senin dan Kamis, maka aku ingin ketika amal perbuatanku diperiksa, aku dalam keadaan berpuasa," (HR. Imam At-Tirmidzi).

Lebih lanjut, pada Kamis malam atau malam Jumat dianjurkan membaca Surah Al Kahfi dan Yasin. Maka di waktu inilah doa-doa akan dikabulkan, dan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala akan datang.

Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu hadits diriwayatkan Abu Daud dari al-Habr bahwasanya Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa membaca Surah Yasin dan As-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya,".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini