Putus Cinta? Yuk Baca Doa Ini agar Hati Tak Resah Gelisah

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 618 2261500 putus-cinta-yuk-baca-doa-ini-agar-hati-tak-resah-gelisah-L1F0fYjkOW.jpeg Ilustrasi sedih (stutterstock)

PUTUS cinta itu biasa, namun baiknya jangan pernah larut dalam kesedihan, resah dan gelisah karena Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebab urusan rezeki, hidup dan mati, hingga jodoh adalah kehendakNya.

"Agar tidak larut dalam kesedihan, saya sarankan untuk baca doa," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Mamba'ul Hisan Carangkembang, Doko, Blitar, Jawa Timur, Ustadz Imam Safi’i saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga:  10 Kata-Kata Motivasi Islami yang Indah Penuh Makna, Bikin Semangat Hidupmu

Berikut ini adalah doa yang dianjurkan dibaca ketika hati merasa sedih:

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبُخُلِ وَالْجُبْنِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِالدَّيْنِ وَقَهْرِالرِّجَالِ . رَوَاهُ البُخَارِي

Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal huzni wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzu bika minal bukhli wal jubni wa a'udzu bika min gholabatid daini wa qohrir rijaal

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hal yang menyedihkan dan menyusahkan, sifat lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan utang dan penindasan orang"

Doa di atas menjelaskan bahwa manusia adalah hamba dan makhluk yang lemah. Lantaran itu, apapun yang terjadi harus disikapi dengan keadaan sadar dan tawakal kepada Allah. "Bahwa semua yang terjadi di muka bumi ini menjadi kehendak Allah, manusia hanya bisa berikhtiar," kata Ustadz Imam.

Baca juga: Ini Nama-Nama Surga dan Neraka yang Wajib Kamu Ketahui

Lebih lanjut, Ustadz Imam bilang, doa tersebut bersifat multifungsi, yakni bisa dibaca di berbagai situasi dan kondisi. Misalnya sedang kesulitan dalam perekonomian maka bisa mengamalkan doa tersebut dengan sering-sering membacanya.

Dalam salah satu riwayat hadist disebutkan, bahwasannya hati mudah berubah. Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:

"Hati itu ibarat satu lembar bulu di atas tanah yang kosong. Ia terombang-ambing oleh angin, sehingga mudah terbolak-balik." (HR. Ahmad).

 

Selain itu, ada baiknya kita sebagai muslim mempercayakan semuanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Termasuk persoalan hati, yakni dengan cara mendekatkan diri kepada Sang pembolak-balik hati manusia. Nabi bersabda:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Yâ muqallibal qulûb tsabbit qalbî ‘alâ dînika.

Artinya: "Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu" (HR al-Nasai’).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini