Nasib Profesi yang Tak Bisa Tinggalkan Sholat Jumat? Jawaban UYM Menyejukkan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 330 2332810 nasib-profesi-yang-tak-bisa-tinggalkan-sholat-jumat-jawaban-uym-menyejukkan-FvbLa90mfg.jpg Sholat Jumat berjamaah. (Foto:Freepix)

JAKARTA - Bekerja dituntut untuk profesional. Termasuk pada saat waktu Sholat Jumat, ada beberapa profesi yang tidak bisa meninggalkan tugas. Lantas, bagaimana hukumnya?

Salah satu profesi yang tidak bisa meninggalkan tugas di waktu Sholat Jumat adalah petugas keamanan atau satpam atau security. Salah seorang netizen yang berprofesi sebagai satpam, melalui akun Instagramnya mengaku gelisah. Kegelisahan ini pun diungkapkan kepada Ustaz Yusuf Masur alias UYM.

Baca Juga: Dewan Masjid Indonesia Terus Merajut Misi Perdamaian untuk Afganistan

"Tad, bagaimana hukum kerja jadi satpan yang banyak ninggalin sholat jamaah dan sholat Jumat? Tolong pencerahannya," demikian seperti dikutip dari akun Instagram Ustaz Yusuf Mansur.

Pertanyaan ini pun dijawab langsung oleh UYM.

"Pahala satpam banyak banget. Memberikan ketenangan yg pd berjamaah dan jum'atan. Krn nya dpt pahala semua yg berjamaah dan jum'atan.

Baca Juga: Menag Yaqub Diharapkan Mampu Kelola Emosi Umat Terkait Umrah dan Haji

Yg penting kan ga ninggalin sengaja. Itu mah tugas. Shalat zuhur aja pengganti jum'atan. Dan bs jamaahan sama kwn2 yg kena shift. Atau gpp sendirian.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Islam agama luas banget rahmahNya. Hukum jg ngikutin keluasan rahmahNya. Ga kaku2 amat. Dan selalun ada kebaikan lain.

Makanya penting jg perusahaan2 memperkerjakan satpam2 non muslim. Begininya bs diatur. Hehehe.

Semua jawaban saya, wallaahu a'lam.

ranggajahat: Mendamaikan jawabannya dan makin tercerahkan

gushayid80 : Subhanallah ... Berkah kiaiku ...

@yusufmansurnew .... Jawaban yang mencerahkan .. termasuk jaga uang negara agar dibelanjakan yg tepat juga besar pahalanya kaya jihad fi Sabilillah dan menang ... Subhanallah ... Jadi satpam, jaga rumah, jaga masjid, jaga aset ... Semua luar biasa selama di tunaikan dengan amanah dan tetap jaga kewajiban dasar sebagai muslim, solat, zakat puasa dan berbuat baik pada orang lain ... Wallahu A'lam bisshowab ...

dianpurnamasaridp_: Iya bener sama aja kaya marbot yang jagain sendal dan parkir kendaraan. Coba kalau gada mereka bisa ilang kan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya