Kapan Waktu yang Afdal Membaca Surat Al-Kahfi Saat Hari Jumat

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 330 2333455 kapan-waktu-yang-afdal-membaca-surat-al-kahfi-saat-hari-jumat-pgCtLmLupg.jpg Membaca Surat Al-Kahfi sangat dianjurkan pada malam dan hari Jumat. (Foto:Okezone)

JAKARTA- Membaca Al-Qur'an Surat Al-Kahfi disunahkan untuk dibaca pada hari Jumat. Namun kapan waktu yang afdal untuk dibacakan pada hari itu.

Apakah dibaca setelah fajar sampai sebelum Sholat Jum’at. Atau biss waktu kapan saja pada hari itu?

Syekh Muhammad Sholeh Al-Munajid sebagaimana dikutip pada Jumat (25/12/2020) menyebutkan, ada hadis yang shahih dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam keutamaan bacaan surat Al-Kahfi di hari Jum’at atau malamnya di antaranya adalah:

1 Dari Abu Said Al-Khudri berkata:

Baca Juga: Haji Adam Malik, Anak Madrasah yang Mampu Torehkan Sejarah Gemilang

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum'at, maka dia akan diterangi dengan cahaya antara dia dan ke Bailul Atiq (Makkah).” (HR. Ad-Darimi, no. 3407, Hadits inidishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 6471)

2.“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka dia akan diterangi dengan cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. Hakim, 2/399. Baihaqi, 3/29. Hadis ini dikatakan oleh Ibnu Hajar dalam ‘Takhrij Al-Adzkar', hadis hasan, dan ini merupakan riwayat terkuat tentang bacaan surat Al-Kahfi. Silahkan lihat ‘Faidhul Qadir, 6/198. Dishahihkan oleh Syekh Al-Albanydalam Shahih Al-Jami, no. 6470.

Baca Juga: Setan Akan Menjauh Jika Saat Keluar Rumah Membaca Doa Ini

3. Dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi di hari Jum’at, maka akan diterangi dari bawah kakinya sampai ke atas langit. Disinari baginya di hari kiamat, dan akan diampuni diantara dua Jum’at.” Al-Mundziri mengatakan, “Diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan sanad standar. (At-Targhib wat Tarhib, 1/298)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Surat ini dapat dibaca pada malam Jum’at atau hari Jum’at. Malam Jum'at dimulai dari terbenam matahari pada hari Kamis, dan selesai hari Jum'at dengan terbenam matahari.

Dari sini, maka waktu bacaannya adalah dari sejak matahari terbenam pada hari Kamis hingga matahari terbenam pada hari Jum'at.

Al-Manawi berkata, “Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab ‘Amalihi’ mengatakan, “Demikian pula, terdapat riwayat ‘Hari Jumat’ dan dalam redaksi lain ‘Malam Jumat’. Maka pemahamannya dapat digabungkan bahwa maksudnya adalah sehari dengan malamnya, atau malam dengan harinya." (Faidhul Qadir, 6/199)

Al-Manawi menambahkan juga, “Dianjurkan membacanya pada hari Jumat begitu juga pada malamnya sebagaimana ditegaskan oleh Syafi’i rahimahullah.” (Faidul Qadir, 6/198) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya