Mukjizat Nabi Muhammad SAW Dapat Membuat Pohon Tsamroh Berjalan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 330 2363703 mukjizat-nabi-muhammad-saw-dapat-membuat-pohon-tsamroh-berjalan-th0q9SZNPm.jpg Nabi Muhammad SAW selalu hidup dalam kesederhanaan dan kemuliaan. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA – Mukjizat Nabi Muhammad SAW yakni dapat membuat pohon tsamroh berjalan. Dalam sebuah riwayat dikisahkan, Nabi pernah diminta seorang Badui Arab untuk menunjukkan mukjizatnya. Nabi lantas memperlihatkannya dengan membuat dua pohon berjalan mendekatinya.

Suatu ketika Nabi Muhammad SAW didatangi oleh seorang Arab Badui untuk menunjukan mukjizatnya. Kisah ini termaktub dalam Kitab Al-Mustadrak karya Imam Hakim dan dicatat sebagai Hadis Shahih.

Baca Juga: Nabi Muhammad SAW Kisahkan si Pendosa Masuk Surga dan Ahli Ibadah ke Neraka

Arab Badui berkata kepada Nabi Muhammad SAW, “Wahai Muhammad, bagaimana caranya supaya aku percaya jikalau engkau adalah Nabi yang diutus oleh Allah?”.

“Wahai Badui, kemarilah. Apakah kau melihat kurma yang ada di pohon itu?” kata Rasulullah sambil menunjuk kurma yang masih ada di pohonnya.

“Ya, aku melihatnya,” jawab Badui. “Apakah jika aku memanggil kurma-kurma it uke hadapanku engkau akan langsung beriman?” tanya Rasulullah. Kemudian Badui menjawab, “Ya, saya akan bersaksi”.

Baca Juga: Pesan Nabi Muhammad SAW tentang Perkara yang Berat, Melebihi Sholat dan Sedekah

Dilansir dari video milik akun YouTube Family Sukses pada Rabu (17/2/2021) disebutkan, kemudian Rasulullah melambaikan tanganya sebagai isyarat. Seketika itu, kurma-kurma yang menempel di pohon, rontok dan berjalan kearah Rasulullah. Arab Badui yang melihat kejadian itu pun terkagum.

Tetapi tak berhenti sampai di situ, Rasulullah kemudian memeritahkan kurma-kurma tersebut untuk kembali ke tempat semula. “Irji (kembalilah),” kata Rasulullah kepada kurma-kurma tersebut.

Melihat kejadian tersebut, Arab Badui mengatakan bahwa Rasulullah sangatlah hebat. Menurutnya, kemampuan itu tidak mungkin ada kalau bukan dari orang khusus. Setelah itu, dia langsung bersyahadat untuk masuk Islam dan menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam kisah lain, Rasulullah bertemu dengan Arab Badui lain dalam perjalanan di gurun. Saat itu, tak lagi kurma yang dipanggil Rasulullah, melainkan pohon Tsamroh.

Bermula dari percakapan yang hampir sama, Rasulullah berkata, “Apakah kau melihat Pohon Tsamroh di seberang itu? Ke sana lah, katakan pada pohon itu bahwa aku memanggilnya”, lalu Badui itu pun menuruti perintah Nabi.

Pohon Tsamroh yang semula tenang itu pun bergerak. Dia mencabut akarnya dari tanah gurun dan berjalan menghampiri Rasulullah. Sesampainya di hadapan Rasulullah, pohon tersebut membaca syahadat. Seketika itu, Badui yang melihatnya pun langsung ikut bersyahadat. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya