Makna dan Keutamaan Membaca Surat At-Tin, Surat Favorit Para Imam

MNC Media, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 614 2368038 makna-dan-keutamaan-membaca-surat-at-tin-surat-favorit-para-imam-rKElqfPWa8.jpg Program Dai Muda RCTI Plus. (Foto: MNC Media)

JAKARTA – Surat At-Tin bisa dikatakan merupakan salah satu surat favorit para Imam yang acap kali dibaca dalam sholat. Surat At-Tin merupakan surat ke-95 dan berjumlah 8 ayat. Surat ini tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah. Nama At-Tin sendiri diambil dari ayat pertama yang terdapat kata At-Tin yang berarti buah Tin.

Dalam surat At-Tin, Allah SWT bersumpah atas 4 hal yaitu, demi buah tin, demi buah zaitun, demi bukit Sinai dan demi kota Mekkah yang aman. Makna dan penjelasan tentang Surat At-Tin menjadi topik pembicaraan di DAI MUDA RCTI+ episode 61 bersama Muhammad Vickry. DAI MUDA sendiri tayang eksklusif di RCTI+ setiap Rabu & Jum’at pukul 15.30 WIB.

Baca Juga: Galau dan Overthinking karena Patah Hati

Tempat yang banyak tumbuhnya buah tin dan buah zaitun yaitu Negeri Syam Palestina. Para ulama tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan surat At-Tin yaitu tempat tinggal Nabi Nuh A.S di Damakus yang banyak ditumbuhi pohon tin, dan juga tempat tinggal Nabi Isa A.S di Baitulmukadas yang banyak ditumbuhi buah zaitun.

Bukit Sinai adalah tempat Nabi Musa A.S menerima wahyu dari Allah SWT yang berada  diluar tembok Yerusalem, dan kota Mekkah yang aman ialah Mekkah Al-Mukaramah. Kota yang sejak zaman jahiliah hingga saat ini tetap terjaga dan terpelihara kesuciannya. Serta Mekkah menjadi tempat pertama kali Nabi Muhammad SAW menerima wahyu.

Baca Juga: Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Syarat Wajib Puasa yang Perlu Diketahui

Manusia adalah makhluk dalam bentuk sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT dibandingkan dengan makhluk lain karena manusia memiliki akal dan nafsu. Dengan menggunakan akalnya manusia dapat mengontrol emosi yang membuat kehidupan rukun dan tentram. Allah SWT mengangkat derajat kemuliaan manusia dengan memberikan kelebihan yaitu kemampuan untuk memperoleh kehidupan yang baik di darat maupun di laut.

Di dalam surat At-Tin memiliki makna yang terkandung yaitu sumpah Allah kepada lokasi para nabi yang telah gigih memperjuangkan agama Allah dengan penuh kesabaran, ketabahan, ketawakalan, dan juga bersyukur kepada Allah SWT karena telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna.

Selengkapnya mengenai penjelasan lebih dalam tentang surat At-Tin, bisa viewers saksikan kembali DAI MUDA eksklusif di RCTI+ melalui link berikut ini:

https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/21200/memahami-surat-at-tin-agar-menambah-keimanan

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tentang RCTI+ :

RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+. Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya. Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

•       Website: https://www.rctiplus.com/

•       Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/  

•       Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus  

•       Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/ 

•       Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in 

•       App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya