Surat Yasin Menyimpan Wasilah Sangat Mendalam

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 330 2372426 surat-yasin-menyimpan-wasilah-sangat-mendalam-gpYYiax731.jpg Al-Qur'an, termasuk di dalamnya Surat Yasin adalah panduan hidup kaum Muslimin. (Foto:Freepix)

JAKARTA – Surat Yasin memiliki wasilah yang sangat mendalam. Rasulullah SAW secara jelas mengungkapkan hal tersebut.

Nabi Muhammad SAW bersabda: Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti) dari kalbu Al-Qur'an adalah Surat Yasin.

Baca Juga: Arti Ada Uban di Rambut, Ternyata Patut Diwaspadai

Dikutip dari buku berjudul "Tafsir Ibnu Katsir Surah Yasin" Kamis  (4/3/2021) yang ditulis oleh Imam Ibnu Katsir, berikut penjelasan tafsir dari Surat Yasin.

"Barangsiapa membaca Surat Yasin, maka Allah mencatat baginya karena bacaan Surat Yasin itu pahala membaca Al-Qur'an 10 kali."

Baca Juga: Perancang Jaringan Sumur Air Zamzam Meninggal Dunia

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya dia diampuni. Dan barang siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan pada pagi harinya diampuni.

Yasin adalah kalbu Al-Qur'an; tidak sekali-kali seseorang membacanya karena mengharapkan pahala Allah dan hari kemudian, melainkan diberi ampunan baginya, dan bacakanlah Surat Yasin buat orang-orang mati.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagian ulama mengatakan bahwa khasiat surat ini ialah ketika dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya.

Baca Surat Yasin Lengkap Beserta Bahasa Latin dan Artinya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya