Viral Remaja Mabuk Hina Nabi, Ini Hukumnya Minum Khamar

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 330 2430408 viral-remaja-mabuk-hina-nabi-ini-hukumnya-minum-khamar-TG1cknEh61.jpg Ilustrasi mabuk minum khamar. (Foto: Jcomp/Freepik)

VIRAL di media sosial sejumlah remaja mabuk minuman keras dan hina Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Dalam video yang diunggah akun Instagram @cetul.22 itu, mereka minum sambil membawa-bawa nama Rasulullah.

"Eh, Nabi Muhammad juga mabuk," kata salah satu remaja mabuk dalam video tersebut.

Baca juga: Viral Sejumlah Remaja Mabuk dan Hina Nabi Muhammad SAW, Netizen Murka 

Selain itu, mereka juga memutar lagu religi sambil mabuk-mabukan. Tanpa rasa takut, malu, dan bersalah; mereka tetap melanjutkan perbuatan tidak terpuji itu.

Hal ini membuat netizen geram, karena kelakuan remaja-remaja itu sudah sangat keterlaluan, bahkan berani membawa nama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

"Generasi unfaedah," tulis akun Instagram @_ri***** dalam kolom komentar.

"Yang kaya gini mending dimusnahkan," ungkap @ku****.

Baca juga: Astaga! Sekelompok Remaja Tenggak Miras dan Sebut Nabi Muhammad Pemabuk, Gus Miftah Ajak Ketemu 

Dalam Islam, sesuatu yang memabukkan seperti khamar hukumnya haram. Sebab dapat membuat peminumnya jadi merugi, serta awal mula dari segala kerusakan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون، إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَاحْذَرُوا فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا عَلَى رَسُولِنَا الْبَلاغُ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah najis termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sholat; maka tidakkah kalian berhenti (dari mengerjakan pekerjaan itu)? Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-(Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang." (QS Al Maidah (5): 90–92)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu Sekretaris Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah Ustadz Faozan Amar mengatakan khamar hingga obat-obatan atau sesuatu yang dapat memabukkan, menghilangkan kesadaran seseorang, adalah diharamkan.

"Hukum mengonsumsi benda-benda ini, apa pun bentuknya, telah disepakati keharamannya oleh para ulama. Tidak ada satu pun ulama yang menyelisihkan keharaman mukahddirat tersebut," terangnya kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kisah Sahabat Nabi, Abdullah bin Ummi Maktum Buta Namun Iblis Sangat Takut 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ

Artinya: "Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk." (QS Al A'raf: 157)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya