Buya Yahya Jelaskan Hukum Belum Siap Memiliki Anak Setelah Menikah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 330 2457220 buya-yahya-jelaskan-hukum-belum-siap-memiliki-anak-setelah-menikah-Sc8hHhvZzm.jpg KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya. (Foto: YouTube Al Bahjah TV)

KIAI Haji Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan salah satu tujuan menikah adalah ingin memperbanyak keturunan. Tetapi ada beberapa pasangan yang justru tidak ingin memiliki anak setelah menikah.

Buya Yahya mengungkapkan bahwa alasannya pun beragam. Mulai ketakutan tidak bisa mencukupi kebutuhan anak, masih ingin berkarier, belum siap mendidik dan menjadi orangtua yang baik, atau masih banyak lagi alasan lainnya.

Baca juga: Apa Arti Mimpi Bersetubuh dengan Orang Lain? Ini Jawaban Buya Yahya 

Menanggapi hal tersebut, Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon Buya Yahya mengatakan apabila salah satu pasangan tidak ingin memiliki anak, lebih baik dilihat dulu apa alasannya.

Ia mengatakan, dalam ajaran agama Islam, jika ada seseorang yang tidak ingin memiliki anak dengan alasan takut tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sang anak, maka hukumnya haram.

"Kalau ada orang menunda kehamilan hanya karena takut tidak bisa membiayai anaknya, itu yang haram," kata Buya Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Buya Yahya: Jangan Repotkan Orangtuamu, Itu Hati yang Hidup 

Ia menjelaskan, sebab sesungguhnya rezeki, jodoh, dan maut sudah dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala sebelum manusia itu diciptakan. Semua makhluk hidup diberi rezeki oleh Allah Ta'ala selama mereka masih bernapas.

"Makanya, jangan kurang ajar sama Allah Subhanahu wa ta'ala. Semut dan cicak itu Allah yang kasih makan," sambung Buya Yahya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Akan tetapi, lanjut Buya Yahya, jika ada orang yang menunda kehamilan karena faktor yang lain, seperti ingin menyelesaikan pendidikan terlebih dahulu, usia pernikahan yang terlalu dini, khawatir belum siap menjadi orangtua, hal itu masih diperbolehkan.

"Asal cara menghindari kehamilan itu adalah cara yang benar," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Mana Lebih Dulu, Berkurban atau Bayar Utang? 

Ilustrasi cincin pernikahan. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya