Besok Puasa Asyura 10 Muharram, Ini Tata Cara dan Niatnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 616 2457515 besok-puasa-asyura-10-muharram-ini-tata-cara-dan-niatnya-i6roaFk1PR.jpg Ilustrasi tata cara dan niat puasa asyura 10 Muharram. (Foto: Shutterstock)

BESOK waktunya puasa asyura yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram. Tahun ini bertepatan dengan hari Kamis 19 Agustus 2021. Ini termasuk hari yang agung dalam Islam karena banyak peristiwa penting dalam sejarah terjadi. Ada amalan khusus yang sangat disunahkan pada Hari Asyura yakni berpuasa.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan Hari Asyura baiknya diisi dengan hal-hal positif. "Banyak juga amalan istimewa yang bisa Anda lakukan, seperti puasa asyura," katanya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Penjelasan Alquran dan Sains terkait Puasa Membuang Racun di Tubuh 

Puasa sunah asyura memiliki banyak keutamaan. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam kitab suci Alquran:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa"(QS At-Taubah: 36)

Imam Asy-Syafi’I dalam Kitab Al-Umm, menyebutkan sunah puasa bukan hanya pada hari tasua dan asyura, tapi juga hari setelahnya. "Buka hanya puasa sunah tasua dan asyura, namun tiga hari berturut-turut yaitu pada tanggal 9, 10, dan 11 Muharram," ujar Ustadz Ainul Yaqin.

Puasa asyura ditunaikan seperti puasa lain pada umumnya yakni dengan menahan diri dari makan, minum dan segala hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Baca juga: Puasa Senin-Kamis, Jangan Lupa Baca Doa Ini saat Berbuka 

Bagi yang ingin puasa asyura, hendaknya meniatkannya pada malam hari atau sebelum azan Sholat Subuh berkumandang. Adapun niat puasa asyura dimulai sejak malam hari. Batasan waktu niat sampai sebelum masuk waktu subuh. Jadi selepas maghrib sudah bisa langsung berniat dalam hati untuk puasa besok.

Nah, jika belum sempat niat dan bangunnya usai imsak atau subuh, bisa langsung berniat puasa sunah dengan catatan belum makan, minum, atau mengerjakan hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Niat berarti al-qashdu, keinginan. Niat puasa berarti keinginan untuk berpuasa. Letak niat adalah di dalam hati, tidak cukup dalam lisan, tidak disyaratkan melafazhkan niat. Berarti, niat dalam hati saja sudah teranggap sahnya.

Muhammad Al Hishni berkata:

لاَ يَصِحُّ الصَّوْمَ إِلاَّ بِالنِّيَّةِ لِلْخَبَرِ، وَمَحَلُّهَا القَلْبُ، وَلاَ يُشْتَرَطُ النُّطْقُ بِهَا بِلاَ خِلاَفٍ

Artinya: "Puasa tidaklah sah kecuali dengan niat karena ada hadis yang mengharuskan hal ini. Letak niat adalah di dalam hati dan tidak disyaratkan dilafazkan." (Kifayah Al-Akhyar, halaman 248)

Baca juga: Keutamaan Puasa Senin Kamis, Wajib Diketahui Setiap Muslim 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Artinya: "Sesungguhnya amal itu tergantung pada niat dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan." (HR Bukhari 1 dan Muslim 1907)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya