Tulang Berperan Terhadap Keturunan Manusia? Ini Jawaban Alquran dan Sains

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 06 September 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 614 2466540 tulang-berperan-terhadap-keturunan-manusia-ini-jawaban-alquran-dan-sains-p3jFb7vyNx.jpg Ilustrasi tulang manusia. (Foto: Freepik)

ALQURAN dan sains menjawab pertanyaan perihal tulang memiliki peran terhadap keuturunan manusia. Dijelaskan bahwa tulang adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Tanpa adanya tulang, tubuh manusia sulit bergerak. Kitab suci Alquran pun sudah lama menjelaskan betapa pentingnya tulang dalam menjalankan fungsi tubuh manusia.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Kekuatan Jaring Laba-Laba Mampu Melindungi Manusia 

Dikutip dari buku 'Sains dan Alquran' karya Dr Nadiah Thayyarah, disebutkan dalam Alquran di Surah Maryam Ayat 4 bahwa Nabi Zakaria Alaihissalam memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar diberi keturunan, walaupun istrinya mandul, dan ia mengungkapkan tulangnya sudah lemah.

قَالَ رَبِّ إِنِّى وَهَنَ ٱلْعَظْمُ مِنِّى وَٱشْتَعَلَ ٱلرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنۢ بِدُعَآئِكَ رَبِّ شَقِيًّا

Qala rabbi inni wahanal-'azmu minni wasyta'alar-ra'su syaibaw wa lam akum bidu'a'ika rabbi syaqiyya

Artinya: "Ia berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku'."

Ilustrasi bayi keturunan manusia. (Foto: New Indian Express)

Alquran menerangkan adanya hubungan antara tulang dengan produksi anak. Belakangan, ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa tulang memiliki fungsi-fungsi penting yang menjadi tempat bergantung kehidupan manusia.

Pasalnya, tulang mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor dan kalsium, juga mengatur proses distribusinya dengan cara yang dapat menjaga kestabilan detak jantung dan gerakan otot.

Baca juga: Penyakit Apa Saja yang Bisa Diobati dengan Puasa? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Kemudian tulang juga memproduksi sel darah merah dan putih sepanjang hidup manusia tanpa henti. Ilmu pengetahuan modern juga mengungkap bahwa keadaan tulang berpengaruh langsung terhadap sistem saraf.

Oleh karena itu, tulang berperan langsung pada kemampuan manusia dalam memiliki anak keturunan. Inilah yang dinyatakan Alquran jauh sebelumnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara dalam buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk dijelaskan bahwa tulang sulbi merupakan tempat keluarnya pembuluh darah yang memberikan darah kepada testis dan ovarium.

Baca juga: Mau Buang Racun di Tubuh? Ini Solusi Praktis dari Alquran dan Sains 

Disebutkan pula bahwa pembuluh darah vesticular artery dan ovary artery bermula dari satu tempat antara tulang sulbi dan tulang dada. Mengenai temuan ini, Alquran yang diturunkan sekira 14 abad lalu telah menjelaskannya dalam Surah Ath-Thaariq Ayat 5–7.

فَلْيَنظُرِ ٱلْإِنسَٰنُ مِمَّ خُلِقَ

falyanzuril-insanu mimma khuliq

"Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan?"

خُلِقَ مِن مَّآءٍ دَافِقٍ

khuliqa mim ma'in dafiq

"Dia diciptakan dari air yang dipancarkan."

يَخْرُجُ مِنۢ بَيْنِ ٱلصُّلْبِ وَٱلتَّرَآئِبِ

yakhruju mim bainis-sulbi wat-tara'ib

"Yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan."

Wallahu a'lam bishawab.

Ilustrasi bayi keturunan manusia. (Foto: Pexels)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya