Share

Surat Al Insyiqaq untuk Ibu Hamil, Benarkah Ada Tuntunannya?

Hantoro, Jurnalis · Senin 06 September 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 330 2466887 surat-al-insyiqaq-untuk-ibu-hamil-benarkah-ada-tuntunannya-2zGdSX6eq0.jpg Ilustrasi Surat Al Insyiqaq untuk ibu hamil. (Foto: Freepik)

SURAT Al Insyiqaq untuk ibu hamil, banyak orang bertanya-tanya, benarkah ada tuntunannya. Al Insyiqaq memiliki arti 'Terbelah'. Ini merupakan surat ke-84 dalam kitab suci Alquran.

Surat Al Insyiqaq termasuk golongan Makkiyyah karena diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi. Surat ini tersiri dari 25 ayat.

Baca juga: Keutamaan Surat Al Infitar Ayat 6, Lengkap Terjemahan dan Artinyaย 

Adapun beberapa ayat suci Alquran yang dinilai bermanfaat untuk ibu hamil, termasuk Surat Al Insyiqaq Ayat 1โ€“4, bukan didasarkan pada sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Ini berasal dari pengalaman dan perkataan para generasi salaf. Demikian sebagaimana Okezone rangkum.

Al Khalal mengatakan: Mengabarkan kepadaku Abu Bakar Al Marwazi bahwa ada seseorang datang kepada Abu Abdullah (Imam Ahmad), dan berkata: "Wahai Abu Abdillah (Imam Ahmad), kau menulis untuk wanita yang kesulitan melahirkan sejak dua hari yang lalu?" Dia menjawab: "Katakan baginya, datanglah dengan wadah yang lebar dan minyak zaโ€™faran." Aku melihat dia menulis untuk lebih dari satu orang. (Zaadul Maโ€™ad, 4/357. Muasasah Ar Risalah)

Ilustrasi Surat Al Insyiqaq untuk ibu hamil. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Keutamaan Surah Al Mutaffifin Ayat 1-3, Pentingnya Adab Berdagangย 

Beliau juga mengatakan:

ูˆูŽุฑูŽุฎู‘ุตูŽ ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุงู„ุณู‘ู„ูŽูู ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจูŽุฉู ุจูŽุนู’ุถู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ูˆูŽุดูุฑู’ุจูู‡ู ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ุดู‘ููŽุงุกู ุงู„ู‘ุฐููŠ ุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ ูููŠู‡ู . ูƒูุชูŽุงุจูŒ ุขุฎูŽุฑู ู„ูุฐูŽู„ููƒูŽ ูŠููƒู’ุชูŽุจู ูููŠ ุฅู†ูŽุงุกู ู†ูŽุธููŠูู { ุฅูุฐูŽุง ุงู„ุณู‘ู…ูŽุงุกู ุงู†ู’ุดูŽู‚ู‘ุชู’ ูˆูŽุฃูŽุฐูู†ูŽุชู’ ู„ูุฑูŽุจู‘ู‡ูŽุง ูˆูŽุญูู‚ู‘ุชู’ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ู…ูุฏู‘ุชู’ ูˆูŽุฃูŽู„ู’ู‚ูŽุชู’ ู…ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง ูˆูŽุชูŽุฎูŽู„ู‘ุชู’ } [ ุงู„ูุงู†ู’ุดูู‚ูŽุงู‚ู 41 ] ูˆูŽุชูŽุดู’ุฑูŽุจู ู…ูู†ู’ู‡ู ุงู„ู’ุญูŽุงู…ูู„ู ูˆูŽูŠูุฑูŽุดู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุจูŽุทู’ู†ูู‡ูŽุง .

"Segolongan kaum salaf memberikan keringanan dalam hal menuliskan sebagian dari ayat Alquran dan meminumnya, dan menjadikannya sebagai obat yang Allah jadikan padanya. Untuk itu, dituliskan di bejana yang bersih:

Apabila langit terbelah, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, dan apabila bumi diratakan, dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong." (QS Al Insyiqaq: 1โ€“4)

Kemudian diminumkan kepada orang hamil dan diusapkan ke perutnya. (Ibid, 4/358).

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini