Tata Cara Sholat Qodho Sesuai Tuntunan Rasulullah

Hantoro, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 17 616 2487696 tata-cara-sholat-qodho-sesuai-tuntunan-rasulullah-WgxgDJTHON.jpg Ilustrasi tata cara sholat qodho. (Foto: Shutterstock)

TATA cara sholat qodho ketika lupa atau terlewat ternyata dicari banyak orang. Dijelaskan bahwa dari sisi waktu, mengqodho sholat harus dilakukan segera ketika teringat dari lupa atau tersadar dari hilang akalnya. Tidak boleh ditunda-tunda, harus segera dikerjakan sesegera mungkin.

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Senin (18/10/2021), Ustadz Yulian Purnama menjelaskan dalilnya berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wassallam:

من نامَ عن صلاةٍ فليصلِّها إذا ذَكرَها

Artinya: "Barangsiapa yang terlewat sholat karena tidur atau karena lupa, maka ia wajib sholat ketika ingat." (HR Al Bazzar 13/21, shahih)

Baca juga: Masjidil Haram Resmi Dibuka untuk Sholat Berjamaah Kapasitas Penuh 

Ilustrasi tata cara sholat qodho.

Bagaimana jika sholat yang terlewat lebih dari satu? Apakah diqodho sekaligus atau setiap sholat diqodho pada waktunya, semisal sholat zuhur diqodho pada waktu zhuhur, shalat ashar pada waktu ashar, dan seterusnya?

Syekh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin menjawab pertanyaan ini:

يصليها جميعا لان النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لما فاتته صلاة العصر في غزوة خندق قضىها قبل المغرب وهكذا يجب على كل انسان فاتته الصلوات ان يصليها جميعا و لا يأخرها

Artinya: "Dikerjakan semuanya sekaligus. karena Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam ketika terlewat beberapa sholat pada saat perang Khandaq beliau mengerjakan semuanya sebelum Maghrib. Dan demikianlah yang semestinya dilakukan setiap orang yang terlewat sholatnya, yaitu mengerjakan semuanya sekaligus tanpa menundanya."

Baca juga: Viral Orang Gangguan Jiwa Masih Hafal Gerakan Sholat, Netizen Kagum dan Mendoakannya 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam hadis tersebut juga Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengatakan فليصلها dhamir ها mengacu pada kata صلاة sebelumnya. Ini menunjukkan sholat yang dikerjakan dalam rangka qadha sama persis seperti sholat yang ditinggalkan dalam hal sifat dan tata caranya.

Misalnya, jika seseorang terluput sholat subuh karena tertidur, maka ia wajib mengqodho dengan mengerjakan sholat yang sama dengan Sholat Subuh.

Baca juga: Viral! Azan Berkumandang, Ibu-Ibu Petani Langsung Gelar Sajadah Sholat di Pinggir Sawah 

Tidak ada lafal niat khusus yang perlu diucapkan dalam mengqodho sholat. Niat adalah perbuatan hati, tidak perlu dilafalkan. Andaikan niat mengqodho sholat perlu dilafalkan, maka Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wassallam telah mengajarkannya kepada umat Islam.

Dengan demikian, ketika seseorang baru teringat bahwa ia telah melewatkan sholat, atau baru terbangun dari tidur sedangkan waktu sholat sudah terlewat, yang ia lakukan adalah segera berwudhu, lalu mencari tempat shalat yang bersih dan suci, menghadap kiblat kemudian mengerjakan sholat dengan tata cara dan sifat yang persis sebagaimana shalat yang ia tinggalkan. Jika shalat yang ditinggalkan lebih dari satu, maka setelah salam, ia kembali berdiri untuk mengqadha sholat selanjutnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tata Cara Sholat Unsi, Adakah Syariatnya? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya