Nikita Mirzani Diduga Jadikan Bacaan Sholat sebagai Candaan, Ini Hukumnya Menurut Islam

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 330 2490208 nikita-mirzani-diduga-jadikan-bacaan-sholat-sebagai-candaan-ini-hukumnya-menurut-islam-NL4LJnooi9.jpg Artis Nikita Mirzani diduga menjadikan bacaan sholat sebagai bahan candaan. (Foto: Instagram)

ARTIS Nikita Mirzani kembali menjadi pusat perhatian publik Tanah Air. Pasalnya, ia diduga menjadikan bacaan sholat sebagai bahan candaan. Hal itu diketahui setelah videonya viral usai diunggah akun TikTok @riricisofficial_30.

"Ushalli fardhol maghribi tsalaatsa raka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aala. Takbir!" ucap Nikita Mirzani, seperti dikutip dari akun tersebut, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Nikita Mirzani Jadikan Bacaan Salat Bahan Candaan, Netizen: Pelecehan Agama 

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Ustadz dr Raehanul Bahraen MSc SpPK mengungkapkan terdapat peringatan untuk tidak menjadikan agama sebagai bahan candaan atau olok-olokan. Hal ini sangat keras peringatannya.

Nikita Mirzani. (Foto: TikTok @riricisofficial_30)

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

ﻭَﻟَﺌِﻦ ﺳَﺄَﻟْﺘَﻬُﻢْ ﻟَﻴَﻘُﻮﻟُﻦَّ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻛُﻨَّﺎ ﻧَﺨُﻮﺽُ ﻭَﻧَﻠْﻌَﺐُ ۚ ﻗُﻞْ ﺃَﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺁﻳَﺎﺗِﻪِ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟِﻪِ ﻛُﻨﺘُﻢْ ﺗَﺴْﺘَﻬْﺰِﺋُﻮﻥَ ﻟَﺎ ﺗَﻌْﺘَﺬِﺭُﻭﺍ ﻗَﺪْ ﻛَﻔَﺮْﺗُﻢ ﺑَﻌْﺪَ ﺇِﻳﻤَﺎﻧِﻜُﻢْ

"Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentu mereka akan menjawab: 'Sesungguhnya kami hanya BERSENDA GURAU dan BERMAIN-MAIN saja.' Katakanlah: 'Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu BEROLOK-OLOK?' Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman…" (QS At-Taubah: 65–66)

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Jumat 22 Oktober 2021M/15 Rabiul Awal 1443H 

Syekh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah menjelaskan bahwa hukumnya sangat berat yaitu bisa keluar dari agama Islam. Beliau berkata:

‏ فإن الاستهزاء باللّه وآياته ورسوله كفر مخرج عن الدين لأن أصل الدين مبني على تعظيم اللّه، وتعظيم دينه ورسله

"Mengolok-olok dalam agama, ayat Alquran dan Rasul-Nya termasuk kekafiran yang bisa mengeluarkan dari Islam, karena agama ini dibangun di atas pengagungan kepada Allah, agama, dan Rasul-Nya." (Lihat Tafsir As-Sa'diy)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebab memang agama Islam adalah suatu yang mulia dan sangat tidak layak jika digunakan untuk jadi bahan candaan atau lawakan.

Perlu diperhatikan juga bahwa menjadikan agama sebagai candaan atau mempelesetkan istilah-istilah agama adalah kebiasaan orang Yahudi. Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﻻَ ﺗَﻘُﻮﻟُﻮﺍ ﺭَﺍﻋِﻨَﺎ ﻭَﻗُﻮﻟُﻮﺍ ﺍﻧﻈُﺮْﻧَﺎ ﻭَﺍﺳْﻤَﻌُﻮﺍ ﻭَﻟِﻠْﻜَﺎﻓِﺮِﻳﻦَ ﻋَﺬَﺍﺏٌ ﺃَﻟِﻴﻢٌ

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu katakan (kepada Muhammad): 'Raa’ina', tetapi katakanlah: 'Unzhurna', dan 'dengarlah'. Dan bagi orang-orang yang kafir siksaan yang pedih." (QS Al Baqarah: 104)

Baca juga: Cerita Mualaf Cantik Tidak Bisa Menahan Haru, Ibunya Juga Masuk Islam 

Raa’ina berarti "Sudilah engkau memerhatikan kami", yaitu kebiasaan para sahabat ketika berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam. Orang Yahudi mempelesetkan menjadi Ru’unah yang artinya "Sangat dungu atau sangat tolol".

Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan sahabat menggantinya dengan perkataan Undzurna yang maknanya sama.

Semoga semua dijauhkan dari hal-hal seperti ini. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Mualaf Cantik Amerika Berjuang Keras demi Bisa Memakai Hijab 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya