Wamenag Berharap Pendidikan Alquran Lebih Diintensifkan, Ini Manfaatnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 614 2491033 wamenag-berharap-pendidikan-alquran-lebih-diintensifkan-ini-manfaatnya-jqsUoqPjYH.jpg Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

WAKIL Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi meminta pendidikan Alquran lebih diintensifkan di seluruh daerah. Sehingga, tidak ada anak Muslim yang tidak bisa membaca kitab suci Alquran, baik di kota maupun desa.

"Para qari-qariah dan hafizh-hafizhah peserta STQH harus menjadi pelopor pendidikan Alquran di daerahnya masing-masing," ujar Wamenag saat penutupan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) XXVI di Sofifi, Maluku Utara, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Kurma Tumbuh dalam 5 Fase Kehidupan, Ini Urutannya 

Ia melanjutkan, STQH akan memberikan hasil dan dampak yang nyata dalam kehidupan umat serta bangsa di masa mendatang. Kemudian Wamenag meyakini bahwa generasi yang tercerahkan hati, pikiran, dan perilakunya dengan petunjuk Alquran akan menjadi generasi yang tangguh, berkualitas, serta cemerlang untuk menghadapi tantangan masa depan.

Kitab suci Alquran. (Foto: Unsplash)

Selain itu Wamenag melihat penyelenggaraan STQH mengingatkan kembali akan peran sentral Alquran dalam berbagai sendi kehidupan baik sebagai pribadi, sebagai anggota keluarga, maupun sebagai warga negara.

Baca juga: Mualaf Cantik Ini Temukan Kebenaran di Dalam Alquran: Isinya Tidak Pernah Berubah 

Menurut dia, Alquran tidak cukup hanya sekadar dibaca dan dihafal, tetapi harus mengisi setiap embusan napas umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan.

"Sejalan dengan ajaran Alquran, umat Islam bertanggung-jawab untuk menebar kebaikan dan kedamaian kepada siapa pun dan di mana pun," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Wamenag mengatakan, Islam adalah agama yang mengajarkan persaudaraan dan perdamaian. Kepentingan universal umat manusia dewasa ini terhadap persaudaraan dan perdamaian merupakan peluang yang perlu dimanfaatkan oleh umat Islam dalam rangka memperkuat misi Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin.

Baca juga: Ustadz Hanan Attaki Ungkap Cara Menjemput Pertolongan Allah Lewat Surah Al Fatihah 

Wamenag mengajak semua umat menebar kebaikan dan kedamaian sebanyak-banyaknya agar semua permasalahan yang dihadapi saat ini segera mendapat solusinya dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Keimanan akan melahirkan optimisme dan kearifan untuk menemukan solusi terbaik dari setiap permasalahan," pungkasnya.

Baca juga: Doktor Cantik Lulusan Oxford Ini Jadi Mualaf Usai Kesal dengan Alquran 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya