Istigfar Bisa Obati Komplikasi Kejiwaan Manusia? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 614 2495779 istigfar-bisa-obati-komplikasi-kejiwaan-manusia-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-25ig6pjoJx.jpg Ilustrasi Alquran dan sains mengungkap keutamaan istigfar untuk kesehatan manusia. (Foto: Shutterstock)

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap keutamaan rajin membaca istigfar. Membaca stigfar sendiri merupakan salah satu bentuk kepasrahan seorang Muslim sekaligus mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala. Istigfar juga bisa untuk membuat jiwa lebih tenang.

Lalu ternyata di dalam kitab suci Alquran telah dijelaskan bahwa istigfar dapat menyembuhkan komplikasi kejiwaan manusia.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Kurma Tumbuh dalam 5 Fase Kehidupan, Ini Urutannya 

Istighfar artinya ucapan:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Astagfirullah

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ، ثُمَّ اسْتَغفَرْتَنِيْ ، غَفَرْتُ لَكَ

"Wahai anak Adam, seandainya dosamu menjulang tinggi ke langit, lalu engkau banyak istighfar dan banyak memohon ampun kepadaku maka aku ampuni dosa-dosamu." (HR Tirmidzi, dihasankan Al Albani dalam Ss-Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah Nomor 127)

Baca juga: Alquran dan Sains: Siwak Lebih Efektif 6-8 Jam Jaga Kesehatan Gigi 

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Ali Imran:

وَٱلَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا۟ فَٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا۟ ٱللَّهَ فَٱسْتَغْفَرُوا۟ لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ إِلَّا ٱللَّهُ

Artinya: "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah?" (QS Ali Imran: 135)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain ayat Alquran tersebut, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam juga bersabda bahwa dengan membaca istigfar maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberinya jalan keluar dari kesempitan serta kemudahan lainnya ketika jiwa seorang Muslim sedang dilanda kesakitan.

"Siapa yang terbiasa beristigfar, maka Allah akan memberinya jalan keluar dari kesempitannya dan kelapangan dari kesedihannya, serta memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (HR Abu Dawud)

Baca juga: Alquran dan Sains: Nyamuk Tanda Kebesaran Allah Ta'ala, Miliki Zat Pembius hingga 6 Belalai 

Sementara para ahli jiwa mengatakan istigfar bisa mengobati orang-orang yang menderita komplikasi kejiwaan biasanya diakibatkan oleh tekanan batin sejak anak-anak, atau akibat peristiwa traumatik yang mereka alami.

Saat beranjak dewasa, perasaan tertekan itu makin besar hingga menyebabkan komplikasi kejiwaan, bahkan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Oleh karena itu, dalam ilmu psikologi modern sangat sesuai dengan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, yakni tentang istigfar dan faedahnya dalam menghilangkan tekanan jiwa manusia. Hal ini merupakan mukjizat nabawi di bidang ilmu kejiwaan.

Saat seseorang mengakui kesalahan dan dosanya lalu memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan sungguh-sungguh, maka perbuatannya itu akan menimbulkan ketenangan batin sehingga tidak lagi merasa bersalah dan berdosa.

Baca juga: Alquran dan Sains, Ini Alasan Babi Haram Dimakan Umat Islam 

Seseorang yang memiliki komplikasi kejiwaan, biasanya juga disertai dengan depresi. Maka itu, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan hal tersebut berkaitan dengan persoalan keringnya keimanan dan lemahnya ketakwaan.

"Ini sumbernya adalah hati lemah yang merasa gelisah, kesedihan yang memuncak, putus asa, merasa tidak bisa menyelesaikan masalah dan jauh dari harapan, putus asa dari rahmat Allah," ujarnya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Adapun doa agar seseorang yang komplikasi kejiwaan disertai dengan depresi menjadi terasa lebih tenang, khususnya disertai dengan membaca istigfar. Berikut dua di antaranya:

اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah, Aku mengharapkan (mendapat) rahmat-Mu, oleh karena itu jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dari-Mu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau." (HR Abu Daud)

Baca juga: Benarkah Ada Kehidupan di Luar Angkasa? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Selain itu yang masyhur dibaca namun sering dianggap sepele sehingga tidak total dalam berdoa. Ini sebenarnya sangat bagus untuk menjaga stabilitas hati agar kuat dalam memghadapi permasalahan hidup.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku." (QS Taha: 25–28)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Terungkap! Ini Awal Mula Terbentuknya Samudera Menurut Alquran dan Sains 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya