Share

Kisah Nyata! Pria Keluhkan Azan Subuh Terdengar Sumbang, tapi Terharu ketika Lihat Sosok Muazinnya

Hantoro, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 614 2530891 kisah-nyata-pria-keluhkan-azan-subuh-terdengar-sumbang-tapi-terharu-ketika-lihat-sosok-muazinnya-R5eD8ocj9A.jpg Ilustrasi azan subuh. (Foto: Shutterstock)

VIRAL kisah nyata yang menceritakan seorang pria mengeluh setiap mendengar azan subuh dari masjid di dekat tempat tinggalnya. Pasalnya, suara azan tersebut terdengar sering fals atau sumbang. Tapi ia justru mendapat pelajaran berharga ketika ingin mengetahui orang yang mengumandangkan azan sekaligus Sholat Subuh di masjid tersebut.

Kisah mengharukan yang dibagikan akun Twitter @RyuDeka ini berawal ketika mengaku sering mengeluh saat mendengar suara azan yang dikumandangkan muazin masjid dekat rumahnya setiap di waktu subuh.

Baca juga: Viral Kumandang Azan Dilengkapi Terjemahan Bahasa Isyarat, Netizen: Keren Banget 

"Entah sudah berapa kali kalau mendengar azan subuh atau pengumuman informasi berita duka dari masjid belakang rumah, saya sering membatin: 'Ini yang azan enggak ada yang lebih merduan dikit apa suaranya?'," ungkapnya, seperti dikutip dari akun Instagram @sahabatsurga, Rabu (12/1/2022).

Ia menyatakan suara azan yang dikumandangkan muazin tersebut terdengar "tua" dan sering fals. Namun pada suatu pagi, Deka mengaku telah "dijewer" oleh Tuhan saat Sholat Subuh di masjid yang dimaksud.

Baca juga: Viral Muazin Ganteng Mirip Cristiano Ronaldo, Netizen: Pas Masih Mondok Ini 

Betapa tercengangnya dia ketika melihat sosok muazin yang selama ini suaranya sering dikeluhkan. Dalam unggahannya, Deka memperlihatkan sosok muadzin yang sedang mengumandangkan azan Subuh. Ia mengungkapkan bahwa sosok tersebut merupakan pria lanjut usia.

"Seorang bapak berusia lanjut, yang jalannya sudah perlahan, dan terlihat sangat berusaha setiap melantangkan suaranya di depan microphone mengingatkan orang-orang untuk bergegas sholat," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Deka yang melihat secara langsung sosok tersebut merasa begitu tertampar. Dirinya juga merasa bersalah karena pernah mengeluhkan suara bapak muazin tersebut.

"Harusnya elu-elu yang muda-muda yang masih sehat, yang ngegantiin bapak ini buat tugas kayak gini," tegasnya lagi.

Baca juga: Kisah Habib Umar bin Hafidz Sebut Indonesia Negeri Paling Dijaga Allah Ta'ala 

Baca juga: Cerita Abu Nawas Carikan Kambing Bertanduk Besar, Kok Malah Diukur Pakai Tangan Bayi 

Cerita tersebut tidak berhenti sampai di situ saja. Usai sholat, Deka bahkan dihampiri oleh bapak muazin tersebut sambil tersenyum dan ramah menyapa. "Maturnuwun, Mas, sudah memuliakan masjid," ujar bapak muazin itu.

Deka pun dibuat kagum dengan sosok tersebut dan merasa malu dengan diri sendiri. "Ini dek, yang selama ini lo julid-in. Orang sebaik ini. Yang bahkan lo ga kenal, tapi segampang itu bisa lo hakimin sedemikian rupa cuma karena lo nggak suka dengan suaranya," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini