Share

Sejarah dan Keistimewaan Bulan Rajab, dari Isra Mikraj hingga Pecahnya Perang Yarmuk

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 614 2541111 sejarah-dan-keistimewaan-bulan-rajab-dari-isra-mikraj-hingga-pecahnya-perang-yarmuk-wYCKNHd8eg.jpg Sejarah di Bulan Rajab, dari Peristiwa Isra Mikraj hingga Perang Yarmuk (foto: istimewa)

JAKARTA - Bulan Rajab merupakan bulan yang mulia selain bulan Ramadhan. Rajab adalah bulan ketujuh dalam perhitungan kalender tahun hijriah. Selain itu, bulan Rajab menjadi tonggak sejarah perjuangan umat Islam di masa lalu dalam menegakkan kalimat-kalimat Allah SWT. 

Dilansir dari laman About Islam, berikut keistimewaan dan sejarah Bulan Rajab yang perlu diketahui sebagai berikut :

1. Rajab adalah bulan suci sebelum Ramadhan

Bulan Rajab berbeda dari bulan suci lainnya (Zulqadah, Zulhijah, dan Muharram) karena berdiri sendiri di kalender Islam. Rajab adalah bulan kelima dari bulan suci lainnya. Ini merupakan permulaan untuk membiasakan diri dalam beribadah sebelum menuju Ramadhan. Bayangkan Ramadan tanpa Rajab, pasti manusia terkaget-kaget menjalani bulan yang disibukkan dengan ibadah. Dengan mulai berpuasa di bulan Rajab, tentu akan lebih terbiasa ketika berpuasa di bulan Ramadan.

2. Berjuang tanpa batas

Bulan Rajab dikenal dengan bulan yang damai. Pada zaman dahulu, orang-orang berhenti berperang ketika Rajab datang. Tidak ada lagi suara asahan pedang atau gemuruh suasana perang. Semua terasa tenang dan menyejukkan hati. Bulan Rajab digunakan menahan amarah dan kesombongan manusia, tidak berdebat dengan orang lain. Justru sebaliknya, mencari solusi damai untuk masalah yang paling kecil sekalipun.

BACA JUGA: Jadwal Puasa Sunnah Rajab 2022, Paling Utama Setelah Puasa Ramadan 

3. Bulan penuh pengampunan

Rajab juga dikenal sebagai "musim pengampunan." Nabi Muhammad Shallallahu ' Alaihi wa Sallambersabda: “Rajab adalah bulan mencari pengampunan, jadi mencari pengampunan dari Allah; Sesungguhnya Dia Maha Pengampun dan Maha Penyayang. ” Ada banyak doa yang digunakan orang-orang selama bulan Rajab untuk meminta ampun kepada Allah Ta’ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Peristiwa Isra Mikraj

Di bulan Rajab ini juga terjadi peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam yang luar biasa, yakni Isra Mikraj. Isra Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu ' Alaihi wa Sallam atas perintah Allah Ta’ala yang ditempuh dalam waktu semalam. Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sementara Mikraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad dari bumi menuju langit ketujuh.Setelah itu berlanjut ke Sidratul Muntaha.

5. Perang Yarmuk

Pada bulan Rajab tepatnya tahun 14 H atau 635 M terjadi pembebasan Kota Damaskus dari kekuasan bangsa Romawi, pasukan Islam yang dipimpin Panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Khalid bin al-Walid, berhasil merebut Kota Damaskus.

Kekalahan Romawi di perang Tabuk, yang terjadi pada 9 Hijriyah atau 630 M, menjadi penanda kemenangan Islam dan menodominasi kekuasannya di semenanjung Arab.

Setelah Kota Damaskus bebas, setahun kemudian terjadi peperangan Yarmuk di bawah pimpinan Khalid bin al-Walid yang terjadi pada bulan Rajab tahun 15 H atau 636 M.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini