Share

13 Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita, Nomor 4 Dijamin Masuk Surga

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 330 2596099 13-keutamaan-sholat-tahajud-untuk-wanita-nomor-4-dijamin-masuk-surga-ZZulqTsjRD.jpg Ilustrasi keutamaan sholat tahajud untuk wanita. (Foto: Shutterstock)

SETIDAKNYA ada 13 keutamaan sholat tahajud untuk wanita yang perlu diketahui para Muslimah. Tahajud merupakan salah satu sholat yang disunahkan untuk dikerjakan.

Waktu sholat tahajud adalah sepertiga malam antara pukul 02.00 hingga menjelang subuh. Siapa saja yang mengerjakannya tentu meraih keutamaan besar, khususnya bagi wanita.

Baca juga: Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat Beserta Tata Cara hingga Doanyaย 

Dikutip dari buku 'Berkah-Berkah Sepertiga Malam yang Terakhir' karya Wahyudi Nur Arifin, Allah Subhanahu wa ta'ala sangat mencintai hamba-Nya yang menjalankan sholat tahajud. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Dan tidak henti-hentinya hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan nafilah, sehingga aku mencintainya. Apabila ia memohon kepada-Ku, pasti Aku kabulkan. Jika ia memohon perlindungan-Ku, pasti Aku lindungi." (HR Bukhari)

Khusus untuk wanita, ternyata ada 13 keutamaan sholat tahajud yang tidak banyak diketahui. Berikut ini penjelasannya.

1. Termasuk orang berakal

Bagi siapa saja termasuk wanita yang mengerjakan sholat tahajud, maka ia masuk golongan yang berakal. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Az-Zumar Ayat 9:

ุฃูŽู…ู‘ูŽู†ู’ ู‡ููˆูŽ ู‚ูŽุงู†ูุชูŒ ุขู†ูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ุณูŽุงุฌูุฏู‹ุง ูˆูŽู‚ูŽุงุฆูู…ู‹ุง ูŠูŽุญู’ุฐูŽุฑู ุงู„ุขุฎูุฑูŽุฉูŽ ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุฌููˆ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉูŽ ุฑูŽุจูู‘ู‡ู ู‚ูู„ู’ ู‡ูŽู„ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽูˆููŠ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู„ุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูŽุชูŽุฐูŽูƒู‘ูŽุฑู ุฃููˆู„ููˆ ุงู„ุฃู„ู’ุจูŽุงุจู

Artinya: "(Apakah kamu Hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: 'Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?' Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran."

2. Dikabulkan doanya

Bagi yang melakukan sholat tahajud merupakan bagian dari ikhtiar untuk meminta sesuatu kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Dan siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku pasti akan Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar." (HR Bukhari nomor 145 dan Muslim 758)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Sesungguhnya pada malam hari ada dua saat (waktu) tidaklah seorang Muslim memohon kepada Allah, kebaikan dari urusan dunia dan akhirat, bertepatan dengan saat tersebut, melainkan dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam." (HR Bukhari dan muslim)

3. Terlihat lebih cantik

Merawat diri adalah salah satu rutinitas seorang wanita agar terlihat lebih menawan, cantik. Kemudian jika disertai rajin sholat tahajud, maka aura yang ada dalam dirinya akan makin terpancar. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Barang siapa yang banyak menunaikan sholat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya." (HR Ibnu Majah)

4. Jaminan masuk surga

Seperti diketahui bahwa ada banyak cara dan "tiket" masuk surga. Salah satunya melalui sholat tahajud. Hal ini sudah dijamin bagi siapa saja, termasuk wanita, yang rajin mengerjakannya. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang terlelap, maka masuklah surga dengan selamat." (HR Al Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi)

5. Mendapat sedekah dari Allah Ta'ala

Ternyata Allah Subhanahu wa ta'ala tidak pernah henti-hentinya memberikan apa yang hamba-Nya minta. Termasuk bagi wanita yang gemar sholat tahajud, maka ia akan mendapatkan sedekah dari Allah Ta'ala.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Barang siapa mendatangi tempat tidurnya dengan niat akan bangun untuk melaksanakan sholat pada tengah malam, kemudian ia tertidur hingga pagi hari, niscaya dicatat baginya niatnya dan tidurnya sebagai sedekah dari Rabb-nya.โ€ (HR Nasa'i, Ibn Majah, dan Ibnu Khuzaimah)

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT, Lengkap Terjemahan Indonesiaย 

6. Mendapat kemuliaan

Menjadi wanita adalah sosok yang mulia, ditambah lagi ia sering melaksanakan sholat tahajud. Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun mengatakan sholat tahajud merupakan cara untuk mendapatkan kemuliaan.

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya: "Orang-orang yang paling mulia dari umatku ialah mereka para pembawa Alquran dan orang-orang yang senantiasa sholat di malam hari."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

7. Mendapat rahmat Allah Ta'ala

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Allah akan merahmati seorang suami yang bangun di malam hari kemudian ia sholat dan membangunkan istrinya, dan jika istri enggan melaksanakan sholat, lalu ia percikkan air ke wajahnya dan Allah merahmati seorang istri yang bangun di malam hari kemudian ia sholat dan membangunkan suaminya, dan jika suaminya enggan melakukan sholat, ia percikkan air ke wajahnya." (HR Abu Dawud)

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya:

"(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya?โ€ฆ" (QS Az-Zumar/39: 9)

Riwayat hadis dan ayat di atas benar-benar menjelaskan bagi siapa saja yang menjalankan sholat tahajud di mana sholat ini dilaksanakan ketika orang-orang tertidur pulas, maka ia akan mendapatkan rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

8. Dijauhkan dari gangguan setan

Godaan setan yang kerap mengganggu keimanan manusia, bisa dihalangi dengan rajin beribadah. Misalnya melaksanakan sholat tahajud, salah satu keutamaannya adalah dijauhkan dari gangguan setan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya: "Setan mengikat ujung kepala atau tengkuk seseorang di antaramu saat tidur dengan 3 ikatan. Pada setiap ikatan itu setan berkata, 'Malam masih panjang atau lama, maka tidurlah!.'

Jika seseorang di antaramu itu bangun kemudian berzikir kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, maka lepaslah satu ikatan. Jika ia berwudhuโ€™, maka lepaslah satu ikatan lagi. Dan apabila ia sholat, maka lepaslah semua ikatan itu, sehingga ia memasuki pagi dengan kesegaran dan ketenangan jiwa. Kalau ikatan-ikatan setan itu tidak terlepas, maka ia akan memasuki pagi dengan jiwa yang tidak tenang dan malas."

9. Mendapat ampunan

Dosa-dosa manusia memang tak terasa selalu bertambah. Terlebih lagi dalam salah satu riwayat dijelaskan, penghuni terbanyak di neraka adalah kaum wanita. Oleh karena itu, dengan rajin sholat tahajud sebagai ikhtiar dan meminta ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar semua dosa-dosa dihapus.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya: "Dirikanlah Qiyamul Lail, karena itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, dan merupakan bentuk taqarrub, penghapus dosa dan penghalang dalam berbuat kekhilafan." (HR At-Tirmidzi)

10. Mendapat tempat terpuji

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al Isra: 79)

Mendapatkan tempat paling terpuji yang dihadiahi Allah Subhanahu wa ta'ala adalah harapan, serta dambaan setiap orang. Untuk meraih itu dianjurkan untuk memperbanyak sholat tahajud.

11. Sholat sunnah paling utama

Tahukah Anda, tahajud merupakan sholat sunnah yang paling utama. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan ialah puasa pada bulan Muharram dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib ialah sholat malam." (HR Muslim)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sholat yang paling dicintai Allah adalah sholat Nabi Daud Alaihissalam dan puasa yang paling dicintai Allah juga puasa Nabi Daud Alaihissalam. Beliau tidur setengah malam, bangun sepertiga malam dan tidur lagi seperenam malam serta berpuasa sehari dan berbuka sehari." (HR Bukhari nomor 3420)

12. Dicintai Allah dan seluruh makhluk-Nya

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta'ala jika mencintai seorang hamba, maka Dia memanggil Malaikat Jibril dan berkata: Wahai Jibril, aku mencintai orang ini maka cintailah dia!' Maka Jibril pun mencintainya, lalu Jibril mengumumkannya kepada seluruh penduduk langit dan berkata:

Wahai penduduk langit, sesungguhnya Allah mencintai orang ini, maka cintai pula lah dia oleh kalian semua, maka seluruh penduduk langit pun mencintainya. Kemudian orang itu pun dicintai oleh segenap makhluk Allah di muka bumi ini." (HR Bukhari)

Hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang diriwayatkan oleh Abu Darda:

"Ada tiga golongan manusia Allah Subhanahu wa ta'ala mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah Subhanahu wa ta'ala berkata: Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur." (Riwayat Ath-Thabrani)

13. Memiliki wajah yang cantik bercahaya

Hasan Al-Basri radhiyallahu anhu ditanya oleh seseorang, "Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus?"

Hasan Basri menjawab, "Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Ar-Rahman memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya." (Al-Maqrizi, Mukhtashar Qiyamullail)

Yazid Ar-Raqasyi berkata, "Sholat malam akan menjadi cahaya bagi seorang mukmin pada hari kiamat kelak dan cahaya itu akan berjalan dari depan dan belakangnya. Sedangkan puasa seorang hamba akan menjauhkannya dari panasnya Neraka Saโ€™ir." (Lihat As-Shalaatu wat Tahajjud, halaman 298)

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini