Share

7 Keutamaan Membaca Surat Yasin di Malam Jumat

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 614 2600835 7-keutamaan-membaca-surat-yasin-di-malam-jumat-QI2m0Ldr4z.jpg Ilustrasi Alquran Surat Yasin. (Foto: Istimewa/Muslim.or.id)

KEUTAMAAN membaca Surat Yasin di malam Jumat. Surat yang terdiri dari 83 ayat ini biasa disebut sebagai jantung Alquran. Menurut hadis Ma'qil bin Yasar disebutkan bahwa:

يس قَلْبُ القُرْآن لَا يَقْرَؤهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ الآخِرَةَ إلَّا غَفَرَ لَهُ اقْرَءُوْهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ

“Surat Yasin adalah jantung Al-Qur’an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat”.

Tapi tahukah Anda bila membaca surat ini setiap malam terkhusus malam Jumat. Lantas, apa saja keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat? Simak ulasannya berikut ini.

1. Diampuni dosa-dosa

Menurut hadist riwayat At Thabrani fadhilah surat yasin yang pertama adalah diampuni dosa-dosa. Di mana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Baihaqi,dari Abu hurairah ra).

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

2. Dianggap mati syahid

Masih dalam riwayat At-Thabrani, dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

“Barangsiapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thabrani, dari pernyataan Anas bin malik).

3. Mempermudah segala urusan

Membaca surat Yasin juga dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup, misalnya masalah hutang piutang, pertikaian, dan sebagainya. Menurut Sunaan daarimi juz 2 halaman 549, menyatakan bahwa:

“Barangsiapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Mendapatkan ketenangan hati

Membaca Al-Qur’an sama halnya dengan berdzikir. Dan seseorang yang memperbanyak dzikir maka hatinya akan tenang. Begitulah keutamaan orang-orang yang rajin membaca surat Yasin atau surat lainnya.

Allah Ta’ala berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-ra'd :28).

“Orang orang yang beriman hati mereka akan tentram dengan mengingat allah SWT . ingatlah hanya dengan mengingatnya maka hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-ra'd :28).

5. Terhindar dari siksa kubur

Surat Yasin juga luar biasa diyakini bisa meringankan dari siksa kubur yang mengerikan. Bunyi tafsir Nur ats-tsaqalayn 4/373, menyatakan bahwa:

“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat yasin maka pada hari itu allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di kuburan itu,”.

6. Mempermudah sakaratul maut

Membaca surat yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Quran Al azhim:

“Membaca surat yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh .” (Tafsir Al-Qur'an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

“Disunnahkan membaca surat yasin disamping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al – Majmu Syarh Al muhadzdzab 5 /76 Dari Alim alkitab).

7. Segala hajat dikabulkan

Apabila ada keinginan atau hajat yang dikehendaki maka dengan membaca surat yasin diyakini urusan akan dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

“Barangsiapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

Dan membantu pengampunan agar diterima Allah Ta’ala

“Barangsiapa yang membaca surah yasin untuk memohon ridho Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Al-baihaqi dalam syu’abil iman serta ma'qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629).

Demikian 7 keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini