Share

Masya Allah! Timnas Indonesia U-16 Selalu Sholat Berjamaah, Rahasia di Balik Penampilan Gemilang

Hantoro, Jurnalis · Selasa 09 Agustus 2022 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 614 2644701 masya-allah-timnas-indonesia-u-16-selalu-sholat-berjamaah-rahasia-di-balik-penampilan-gemilang-hfWXPy7wtK.jpg Timnas Indonesia U-16 sholat berjamaah di ruang ganti. (Foto: YouTube PSSI TV)

SHOLAT berjamaah sebelum pertandingan ternyata menjadi kunci di balik penampilang gemilang Timnas Indonesia U-16. Seperti terlihat dalam video viral sebelum laga Indonesia versus Vietnam, Skuad Garuda Muda beserta ofisial khusyuk menunaikan sholat berjamaah di ruang ganti Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, pada Sabtu 6 Agustus 2022.

Mengenakan kostum latihan loreng merah dan hijau, pasukan Timnas Indonesia U-16 melaksanakan sholat berjamaah dalam tiga shaf. Masing-masing mengenakan celana dan ada juga yang memakai sarung sambil rapi berbaris meluruskan shaf.

Baca juga: Viral Lantunan Surat Ar-Rahman di Ruang Ganti Timnas Indonesia U-16, Berbuah Kemenangan Telakย 

Timnas Indonesia U-16 sholat berjamaah di ruang ganti. (Foto: YouTube PSSI TV)

"Merindingโ€ผ Di balik kemenangan Tim U-16 Indonesia kontra Vietnam. Garuda today," jelas keterangan unggahan video di kanal YouTube PSSI TV.

Diketahui bahwa dalam pertandingan ini Timnas Indonesia U-16 menang 2-1 atas Vietnam. Pertandingan berlangsung sengit sejak menit pertama. Sempat tertinggal, Skuad Garuda Muda berbalik menang 2-1 hingga finis sebagai juara Grup A dan lolos langsung ke semifinal.

Baca juga: Hatinya Bergetar Dengar Adzan, Pilot Cantik Ini Mantap Ucap Syahadat Resmi Jadi Mualafย 

Sebelumnya dilaporkan bahwa Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti tidak mau berkompromi terkait kedisiplinan terhadap anak-anak asuhnya. Termasuk soal ibadah sholat, ia menegaskan harus dilakukan tepat waktu jika tidak ingin didenda.

Ia meminta Skuad Garuda Muda menunaikan ibadah sholat tepat waktu. Terkait sholat, itu hanyalah salah satu aturan yang wajib ditaati pemain Timnas Indonesia U-16 dari sekian banyak aturan lainnya, di antaranya soal seragam hingga disiplin waktu dan latihan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Masalah ibadah kita bikin peraturan untuk sholat bersama bagi yang beragama Islam mulai dari pelatih, ofisial, dan pemain. Kalau terlambat akan didenda Rp50 ribu dan jika sampai ketiduran didenda Rp100 ribu," ungkap Bima Sakti dalam kanal Youtube PSSI TV.

Kedispilinan dalam beribadah memang tidak mau ditoleransi Bima Sakti. Dirinya ingin anak-anak asuhnya disiplin beribadah dan nantinya juga menular ke latihan serta pertandingan.

Baca juga: Kisah Mualaf Andreanes, Dulu Benci Adzan dan Alquran Kini Jadi Pembelanyaย 

Baca juga: Hukum Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Lengkap Tata Cara Membacanya secara Tepatย 

Apalagi pemain Timnas Indonesia U-16 dibebani target untuk menjadi juara di kandang sendiri. Disiplin akan membantu mereka menggapai hal itu.

Di Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup A bersama Vietnam, Singapura, dan Filipina.

Keutamaan Sholat Berjamaah

Ada banyak keutamaan sholat berjamaah yang sangat sayang jika dilewatkan. Mulai mendapat pahala luar biasa melimpah hingga ampunan dosa-dosa, sebagaimana dijelaskan dalam dalil-dalil sahih.

Seperti dikutip dari Rumaysho, dijelaskan dalam riwayat dari Anas radhiyallahu โ€˜anhu bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pada suatu malam mengakhirkan Sholat Isya sampai tengah malam. Kemudian beliau menghadap kami setelah sholat, lalu bersabda:

ุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู…ูู†ู’ ุตูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู’ููŽุฐูู‘ ุจูุณูŽุจู’ุนู ูˆูŽุนูุดู’ุฑููŠู†ูŽ ุฏูŽุฑูŽุฌูŽุฉู‹

"Sholat berjamaah lebih baik dua puluh tujuh derajat dibanding sholat sendirian." (HR Bukhari nomor 645 dan Muslim: 650)

Dari โ€˜Utsman bin โ€˜Affan, beliau berkata bahwa saya mendengar Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃูŽ ู„ูู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ููŽุฃูŽุณู’ุจูŽุบูŽ ุงู„ู’ูˆูุถููˆุกูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ู…ูŽุดูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽูƒู’ุชููˆุจูŽุฉู ููŽุตูŽู„ุงู‘ูŽู‡ูŽุง ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุฃูŽูˆู’ ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ููู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ุบูŽููŽุฑูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุฐูู†ููˆุจูŽู‡ู

"Barang siapa berwudhu untuk sholat, lalu dia menyempurnakan wudhunya, kemudian dia berjalan untuk menunaikan sholat wajib yaitu dia melaksanakan sholat bersama manusia atau bersama jamaah atau melaksanakan sholat di masjid, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya." (HR Muslim)

Wallahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini