Share

Mau Selalu Khusyuk dalam Sholat? Ini Tipsnya dari MUI

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 18 November 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 616 2709940 mau-selalu-khusyuk-dalam-sholat-ini-tipsnya-dari-mui-9LCduR2jPW.jpg Ilustrasi MUI bagikan tips khusyuk dalam sholat. (Foto: Shutterstock)

KHUSYUK dalam sholat merupakan keadaan terbaik ketika beribadah menghadap kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Namun terkadang ada saja kondisi yang membuat seseorang kurang khusyuk saat sholat.

Dikutip dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), dijelaskan bahwa ketika awal mula sholat diwajibkan, para sahabat masih beragam cara sholatnya dan belum kusyuk sepenuhnya. Ada yang melihat ke langit, ada yang melihat orang lewat di depannya, dan ada yang menutup matanya.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Jumat Berkah 18 November 2022M/23 Rabiul Akhir 1444H 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Kemudian turunlah ayat sebagaimana terdapat di awal Surat Al Mu'minun yang memerintahkan khusyuk dalam sholat.

قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ. الَّذِيۡنَ هُمۡ فِىۡ صَلَاتِهِمۡ خَاشِعُوۡنَ

"Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam sholatnya." (QS Al Mu'minun: 1–2)

BACA JUGA:Apa Itu Sholat Wustha? Ini Penjelasan Beserta Keutamaannya 

Khusyuk dalam pengertian bahasa artinya tunduk jiwa dan raga kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Khusyuk menurut syafi'iyah adalah seseorang membebaskan dirinya dari beban-beban kerja dan hatinya bebas dari berbagai hal yang sifatnya duniawi, dapat ditandai secara fisik mata (tatapan) ke tempat sujud.

Al Hanafiah berkata, mata seseorang ke tempat sujud bila berdiri, ke jari kaki bila rukuk, dan melihat batang hidung bila sujud. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Secara umum khusyuk adalah menyadari setiap rakaat dan bacaannya secara baik, paham di rakaat keberapa ia hingga salam. Selanjutnya secara sadar, pikiran dan hatinya menyatu pada satu keyakinan bahwa seluruh gerak raga, pikiran dan hati diketahui oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Hal-hal yang menghalangi kekhusykuan sholat antara lain; memendekkan sholat sehingga tidak sesuai dengan standar takaran yang wajar, biasanya ditandai dengan terburu-buru dalam gerakan dan bacaan.

Demikian pula banyak bergerak yang tidak ada kaitannya dengan gerakan sholat. Misalnya, gerakan tangan atau kaki dan lain sebagainya.

Dapat dikatakan bahwa inti dari sholat adalah mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala (dzikir), sekalipun hukumnya sunnah dalam pandangan ulama fikih. Mengingat Allah Ta'ala adalah bagian penting dari usaha untuk khusyuk dalam sholat.

Untuk mencapai kekhusyukan dalam sholat, maka perlu diperhatikan amalan-amalan yang dilakukan sebelum sholat. Di antaranya adalah dimulai dengan berwudhu yang benar dan tenang, mendengarkan serta menjawab adzan, berdoa sebelum sholat, niat yang tulus, dan lain sebagainya.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini