Share

Sholat Dzuhur dan Ashar Tidak Bersuara, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Alasannya

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 28 November 2022 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 330 2716008 sholat-dzuhur-dan-ashar-tidak-bersuara-ustadz-adi-hidayat-ungkap-alasannya-I7GUCByJ3I.jpg Ustadz Adi Hidayat mengungkap alasan Sholat Dzuhur dan Ashar tidak bersuara. (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)

SHOLAT merupakan ibadah wajib bagi setiap Muslim. Salah satu waktu sholat yang dijalankan dalam waktu berdekatan dan jumlah rakaat sama yaitu Sholat Dzuhur dan Ashar.

Dalam mengerjakannya, Sholat Dzuhur dan Ashar dilaksanakan tidak bersuara atau imam sebagai pemimpin sholat tidak mengeluarkan suara. Ini berbeda dengan sholat lainnya seperti Subuh, Maghrib dan Isya. Mengapa demikian?

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Senin 28 November 2022M/4 Jumadil Awal 1444H 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

BACA JUGA:Pertama Belajar Sholat, Mualaf Ini Merasa Semua Nabi Ikut Sujud Bersamanya 

Ustadz Adi Hidayat Lc MA menjelaskan karena Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mencotohkan untuk Sholat Dzuhur dan Ashar memang begitu adanya. Tidak bersuara dalam Islam disebut di-sirr-kan yang asal katanya Sirr atau "rahasia".

"Jawabannya gampang, karena Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memang mencontohkan begitu. Ingat Sirr itu artinya dari kata Asirr, makanya Ashar yaitu bermakna bukan tidak bersuara tapi rahasia," jelas Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube Kajian Ar-Rahman. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah mengetahui penjelasan tersebut, setiap Muslim sudah sepatutnya mengikuti apa yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebagaimana hadits yang berbunyi:

صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي

Artinya: "Sholatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku sholat." (HR Bukhari dan Ad-Darimi)

Sejatinya beliau mengingatkan agar saat melakukan Sholat Dzuhur dan Ashar tidaklah bersuara yang dapat didengar oleh orang lain atau di sampingnya. Sebab terdengar saja suara kecil, itu bukanlah di-sirr-kan tapi dilafalkan atau bersuara (jahar).

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini