Share

8 Cara Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

Hantoro, Jurnalis · Selasa 28 Maret 2023 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 28 616 2788540 8-cara-khatam-al-quran-di-bulan-ramadhan-2rnOd4L4g3.jpg Ilustrasi cara khatam Alquran di bulan Ramadhan. (Foto: Freepik)

KETAHUI 8 cara khatam Al Quran di bulan Ramadhan berikut ini. Khatam Al Quran adalah salah satu amalan yang paling banyak diidamkan kaum Muslimin. Namun, terkadang belum bisa terwujud karena ada hambatan.

Kepala Unit Percetakan Al Quran Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Jamaluddin M Marki pun membagikan tips agar bisa sukses khatam Al Quran selama bulan Ramadhan, seperti dilansir laman Kemenag.

Info grafis ayat-ayat tentang rezeki manusia di dalam Alquran. (Foto: Okezone)

1. Satu juz satu hari

Caranya menggunakan Mushaf Al Quran yang dicetak per juz, biasa disebut mushaf khataman. Satu juz berisi 11 lembar atau 22 halaman. Gunakan sistem target. Jika 1 hari dibaca 1 juz, maka dalam satu bulan akan khatam.

Mushaf Al Quran terdiri dari 30 juz yang panjangnya bervariasi. Jadi, target yang harus dicapai adalah membaca 1 juz setiap hari.

2. Satu juz setiap selesai sholat fardhu 

Apabila dirasakan berat menamatkan 1 juz di satu waktu, misalnya bakda tarawih atau subuh, bisa dipertimbangkan tips yang satu ini. Caranya, membagi jumlah lembar dalam 1 juz, kemudian dibaca setiap selesai sholat fardhu.

Mushaf Al Quran yang umum beredar di Indonesia rata-rata dalam 1 juz terdapat 9 sampai 10 lembar, ada juga yang lebih. Sebagai contoh, jika dalam juz pertama terdapat 10 lembar, kemudian dibagi dengan 5 (waktu sholat), maka tiap selesai sholat hanya akan membaca 2 lembar.

Cara itu lebih enteng bukan? Kemudian pastinya si pembaca merasa tidak terlalu berat dan tetap bisa menamatkan 1 juz per hari. Silakan diatur saja dalam membagi jumlah lembar tiap juz lainnya dengan 5 waktu sholat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

3. 21 halaman Al Quran per hari

Jumlah halaman pada mushaf Al Quran berbeda-beda. Sebagai contoh, Mushaf Al Quran Standar Indonesia (MSI) yang dicetak Unit Percetakan Al Quran Kemenag memiliki 604 halaman. Supaya bisa khatam hingga akhir bulan Ramadhan (asumsi 29 hari), maka setiap hari harus membaca 21 atau 22 halaman.

Ini bisa dibaca dengan variasi waktu kapan pun dalam 1 hari tersebut, namun dengan target 21 halaman per hari.

Jika tidak bisa menyelesaikan 11 lembar (21 halaman) sekaligus, sebaiknya bawa selalu mushaf Al Quran (atau gunakan aplikasi Al Quran Digital pada ponsel), dan manfaatkan waktu-waktu luang.

Misalnya saat jam istirahat kantor/sekolah; saat macet di jalan atau menunggu angkutan umum atau di dalam kendaraan, serta kondisi lainnya.

4. Membaca pada malam sampai subuh 

Jamal menceritakan tentang kebiasaan sahabat Anas bin Malik radhiyallahu anhu mengajak keluarganya saat akan mengkhatamkan Al Quran.

Diriwayatkan Imam Ad-Darimi dari Tsabit al-Bunnani, dia berkata bahwa Anas bin Malik jika sudah hampir mengkhatamkan Al Quran pada malam hari, beliau menyisakan sedikit hingga ketika subuh, beliau mengumpulkan keluarganya dan mengkhatamkannya bersama mereka.

Saat mengkhatamkan bacaan Al Quran merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Dengan mengumpulkan seluruh anggota keluarga akan dapat memberikan berkah kepada banyak orang. Sebab, semuanya berdoa secara bersamaan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala mengharapkan rahmat dan berkah dari-Nya.

5. Selalu membawa Al Quran kecil

Alumnus Pondok Pesantren Darutauhid Ustadz Reza mengatakan, "Cara lain yang bisa dilakukan, seperti mempunyai Al Quran kecil yang bisa dibawa ke mana-mana. Lalu bacalah ketika jam istirahat kerja atau sedang tidak dalam kesibukan pekerjaan. Walaupun agak lama, tidak ada batasan waktu untuk mengkhatamkan Alquran."

6. Membagi jadi lima bagian

Ustadz Mahfud Said mengungkapkan bahwa satu juz Al Quran terdiri dari 10 lembar. Jadi akan sangat mudah jika membaginya menjadi 5 bagian sesuai jumlah sholat wajib harian.

"Jadi setiap selesai sholat wajib, usahakan membaca cukup 2 lembar saja. Nah, dalam sehari, berarti Anda telah membaca 10 lembar yang mana ini berarti satu juz Al Quran," ujarnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

7. Jumlah ayat per juz dibagi lima waktu sholat

Khatam Al Quran di bulan Ramadhan bisa dengan cara jumlah ayat per juz dibagi dua. Contohnya juz 1 berisi 141 ayat, maka dibagi 5 waktu sholat fardhu, yakni menjadi 28 ayat.

Dari 28 ayat itu bisa dibaca dua kali setiap waktu sholat fardhu, yakni sebelum dan sesudah sholat. Jadi, masing-masing 14 ayat.

8. Bagi wanita haid 

Wanita memiliki siklus datang bulan atau haid atau menstruasi, namun jangan khawatir, tetap bisa khatam Al Quran di bulan Ramadhan.

Jamaluddin menjelaskan, jika masa haid datang pada awal Ramadhan, maka bisa membagi 30 juz Al Quran dengan sisa hari masa suci selama Ramadhan.

Jika belum tahu kapan masa haid datang, usahakan membaca lebih dari 1 Juz per hari. Misalkan 1,5 sampai 2 juz. Makin banyak maka makin bagus. Ini bisa menjadi simpanan jika siklus haid itu datang.

"Kuncinya sebenarnya lebih pada niat masing-masing individu. Jika memang berniat betul-betul ingin mengkhatamkan Al Quran, dengan izin Allah pasti bisa tercapai. Makin banyak lagi halaman Al Quran yang bisa dibaca, otomatis bisa lebih cepat mengkhatamkan Quran," paparnya.

Itulah penjelasan mengenai 8 cara khatam Al Quran di bulan Ramadhan. Wallahu a'lam bisshawab

1
4
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini