Belanja Kebutuhan Lebaran? Ini Doa Sebelum Masuk Pasar

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 19:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 14 618 2214068 belanja-kebutuhan-lebaran-ini-doa-sebelum-masuk-pasar-LdqOnIvKcV.jpg Ilustrasi. (Freepik)

PERGI ke pasar jadi salah satu aktivitas lumrah yang dilakukan masyarakat setiap harinya. Apalagi ketika beberapa hari jelang hari raya Idul Fitri, biasanya para ibu rumah tangga bersiap membeli segala kebutuhan bahan makanan untuk menyambut Lebaran.

Masalahnya, ternyata salah satu tempat yang tidak disukai Allah SWT adalah pasar. Sebagaimana dalam salah satu riwayat hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

Artinya: "Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi bersabda; Negeri (tempat) yang paling dicintai Allah adalah pada masjid-masjidnya, dan tempat yang paling dimurkai Allah adalah pasar-pasarnya," (HR Muslim).

pasar

Penjelasan hadist tersebut bukan tanpa alasan, karena pasar atau pusat perbelanjaan merupakan tempat banyak orang yang lalai terhadap Allah. Pasar juga tempat berkumpulnya setan, dan menancapkan benderanya.

Oleh karena itu Rasulullah meminta kepada umatnya, sebelum masuk ke pasar hendaknya memabaca doa lebih dulu. Seperti yang diajarkan Nabi SAW berikut ini:

لا إِلَه إِلَّا اللَّه وَحْده لا شَرِيك لَهُ، لَهُ الْمُلْك وَلَهُ الْحَمْد، يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيّ لا يَمُوت، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلّ شَيْء قَدِير

Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu, lahulmulku walahulhamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khoiir, wa huwa 'ala kulli syai'in qodiir."

Artinya: "Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah yang Menghidupkan dan yang Mematikan. Dia-lah yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu"

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini