Itikaf Son Goku, Naruto serta Luffy Menurut Felix Siauw

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 330 2214548 itikaf-son-goku-naruto-serta-luffy-menurut-felix-siauw-SLm7cTAB9M.jpg Ilustrasi. Foto: Spectator

SALAH satu amalan yang sangat ditekankan pada 10 hari terakhir Ramadhan adalah itikaf, menyendiri berdiam diri di tempat sholat dengan niat mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan berbagai amal ibadah.

Ustadz Felix Siauw mengibaratkan itikaf dengan apa yang dilakukan tokoh animasi Son Goku, Naruto, dan Luffy untuk mencapai level tertentu dalam dirinya.

Ia mencontohkan Son Goku berlatih di ruang khusus dengan gravitasi 100x lipat bumi. Naruto harus berlatih mati-matian dengan ribuan bunshin untuk menguasai Rasenshuriken, atau Luffy yang dilatih Silvers Rayleigh menguasai Emperor Haki selama 2 tahun. “Sebut saja (ini) Special Time,” tutur Felix Siauw.

Ujian itu harus dilewati sendiri dan waktunya sangat terbatas. Karena itu, untuk melewati masa ini perlu tekad ekstra, guru terbaik, visi yang jelas, dan menembus batas diri. Sebab lawannya adalah diri sendiri.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Corona, Masjid-Masjid Ini Dibuka untuk Sambut Lailatul Qadar

Nah, menurut Felix Siauw umat Islam itu umat yang mewarisi visi dan misi Rasulullah Muhammad, mentauhidkan manusia. Felix mengatakan ini merupakan tugas besar dengan modal umur yang lebih pendek ketimbang umat lain.

“Tentu kerap kali kita merasa mentok, stalemate, futur, stuck di dalam menjalankan tugas mulia ini. Pastinya Allah juga menyiapkan "Special Time" untuk kita,” katanya.

“Itulah Ramadhan, di mana Allah ubah semua kondisi alam semesta, makhluknya, bahkan curahan rahmat-Nya, agar kita mampu memanfaatkannya untuk mengubah diri kita,” tambah Felix Siauw.

Baca Juga: Pesan Damai Malam Lailatul Qadar

Terkhusus 10 hari terakhir Ramadhan, kata Felix, Allah meminta kita untuk sendiri-sendiri atau memanfatkaan Special Time, itikaf. Hal ini ibaratnya seperti kru Topi Jerami yang harus terpisah-pisah dengan latihannya masing-masing.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Bulan puasa memang bukan masa istirahat, apalagi 10 malam terakhirnya, jutru ini saat kita menyerap sebanyak mungkin energi dari masa khusus yang Allah hadirkan,” terang Felix Siauw.

Ia melanjutkan, itikaf adalah latihan khususnya, tampaknya hanya diam, tapi di situlah koneksi terbaiknya. “Sebagaimana HP di-charge lebih baik diam, Naruto juga menguasai senjutsu dengan diam. Jangan remehkan diam,” katanya

Untuk apa? Allah sampaikan, "Allah inginkan (dengan Ramadhan) kalian menjadi mudah". Seperti semua tokoh animasi tadi yang lebih mudah mengalahkan lawannya setelah latihan khusus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya