Kue Klepon Tak Islami Hoax, Ini Hukum bagi Penyebar Berita Bohong

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 330 2250487 kue-klepon-tak-islami-hoax-ini-hukum-bagi-penyebar-berita-bohong-F37oGS8R9p.jpg Kue klepon (Selerarasa)

KUE klepon lagi heboh dan menjadi perbincangan warganet karena ada tuduhan tidak Islami. Tuduhan itu jelas hoax atau tidak mendasar mengingat kue klepon terbuat dari bahan-bahan halal seperti tepung beras, gula merah, dan kelapa.

Bahkan penganan ini kerap menjadi takjil atau makanan berbuka puasa, di samping dicicipi sebagai kudapan pendampingi teh atau kopi.

 ilustrasi

Lalu apa hukum bagi penyebar berita bohong atau hoax dalam Islam?

"Menyebar berita hoax sama dengan memfitnah. Oleh karenanya meminta kepada semua pihak tidak tergesar-gesa menyebarkan berita yang belum terverifikasi, sebab itu bisa berujung fitnah," ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Seperti dijelaskan dalam salah satu riwayat hadist, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

Artinya: “Cukuplah seseorang dikatakan sebagai pendusta apabila dia mengatakan semua yang didengar.” (HR. Muslim no.7)

التَّأَنِّي مِنَ اللهِ , وَالْعَجَلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ

Artinya: "Ketenangan datangnya dari Allah, sedangkan tergesa-gesa datangnya dari setan.” (HR. Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra 10/104 dan Abu Ya’la dalam Musnad-nya 3/1054).

 

Kemudian penjelasannya lainnya terdapat dalam surah An-Nur ayat 19, Allah berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يُحِبُّونَ أَنْ تَشِيعَ الْفَاحِشَةُ فِي الَّذِينَ آمَنُوا لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ [النور

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang, kamu tidak mengetahui.”

Baca juga: Heboh Kue Klepon Tak Islami, Lihat Reaksi Kocak Netizen

Dalam riwayat hadist dan ayat Alquran di atas jelans menerangkan, bahwasannya menyebarkan berita tidak benar alias hoax tidak dibenarkan dalam agama. Serta siksa berupa azab yang pedih akan diterimanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya